Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kursus Online Bersertifikat Vs Kursus Offline, Mana Yang Lebih Baik?

Konten [Tampil]
kursus online atau offline

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skill atau keterampilan, mulai dari belajar lagi di lembaga pendidikan, seperti diantaranya adalah dengan kuliah lagi. Bisa juga dengan cara belajar secara otodidak dan mengikuti kursus. 

Sekarang ini ada banyak lembaga yang menawarkan kelas kursus online bersertifikat maupun kelas kursus secara langsung, tinggal disesuaikan saja manakah program terbaik untuk dipilih.


Keunggulan Dan Kekurangan Kursus Online

Semenjak pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia memang menjadi penyebab banyak lembaga pelatihan yang menghadirkan layanan baru, yaitu kursus berbasis online. 

Tidak sekedar program kursus secara langsung saja, karena adanya aturan terkait dengan pembatasan sosial dari pemerintah. Sehingga kemudian dibuatlah kursus berbasis online ini. 

Ada banyak kelebihan serta kelemahan dari program pelatihan online, diantaranya adalah:

  1. Jadwal fleksibel, keunggulan yang pertama tak lain karena jadwalnya fleksibel, sehingga nantinya dapat disesuaikan dengan waktu luang Anda. Itulah mengapa jenis pelatihan yang satu ini paling pas diikuti siapa saja, baik itu karyawan, anak kuliahan, pebisnis atau bahkan ibu rumah tangga, karena bisa dengan mudah mengatur jadwalnya.
  2. Ketersediaan kelas yang beragam, jangan khawatir juga mengenai pilihan kelas yang ditawarkan oleh lembaga kursus secara online ini, karena ada begitu banyak. Mulai diantaranya kelas bisnis, teknologi, bahasa asing, food and beverage dan sebagainya. Lebih bebas bahkan untuk pesertanya di dalam pilah-pilih kelas pelatihan mana yang diinginkan. Bahkan mungkin tidak ada dalam pelatihan secara langsung.
  3. Hemat budget, tidak hanya dari segi harga pelatihannya saja yang lebih murah dibandingkan dengan kelas secara langsung, melainkan untuk biaya pengeluaran lain layaknya transportasi juga tidak perlu lagi Anda keluarkan. Hal inilah yang membuat pelatihan berbasis online ini dikenal jauh lebih hemat biaya, dibandingkan dengan pelatihan langsung. 
  4. Kurang efektif untuk sebagian orang, bagi yang sudah terbiasa belajar secara langsung dengan adanya mentor, mungkin kelas kursus online bersertifikat ini kurang efektif diikuti, apalagi untuk sistem pembelajaran yang sifatnya adalah menonton sebuah video, bukan yang jenisnya interaktif layaknya video conference. 
  5. Sangat bergantung akan perangkat teknologi yang dimiliki, seperti diantaranya adalah smartphone Anda serta akses internet, jika seandainya terjadi masalah dengan perangkat teknologi yang dimiliki. Maka nantinya akan berpengaruh terhadap akses layanan belajar tersebut yang ikut terkendala.

Keunggulan Dan Kekurangan Kursus Offline

Setelah mengulas tentang kursus online, maka Anda bisa membandingkannya dengan kursus secara offline atau langsung, yaitu:

  1. Lebih efektif, karena penyampaian materi dilakukan secara langsung, dimana nantinya antara peserta dengan pengajar berada di ruangan yang sama. Maka hasil penyerapan ilmunya juga lebih efektif. Karena metodenya sendiri sama halnya seperti belajar dan mengajar di dalam kelas, sehingga banyak orang yang merasa lebih nyaman dengan mengikuti program semacam ini. 
  2. Ada feedback, lebih mudah juga dicerna materi sekaligus mempermudah jika seandainya ingin melakukan tanya jawab dengan mentor. Meskipun kursus secara online juga menawarkan fasilitas tersebut, namun akan terasa sangat berbeda bertanya secara langsung ketika ada mentor dengan bertanya lewat perangkat teknologi. 
  3. Suasana belajar dan mengajar lebih menyenangkan, karena Anda tidak merasa belajar sendiri, mengingat ada banyak teman juga di dalam kelas yang mengikuti kelas pelatihan tersebut.
  4. Biaya relatif lebih mahal, sayangnya dari segi biaya atau tarif pelatihan, jika Anda membandingkan dengan jenis pelatihan online, maka harus siap mengeluarkan uang yang jumlahnya lebih besar atau mahal, ditambah dengan ongkos transportasi serta masih banyak lagi yang lainnya. 
  5. Keterbatasan ruang dan waktu, dimana pelatihan dilakukan secara langsung di tempat yang sudah disediakan, serta jadwalnya juga sudah ditentukan secara pasti. Sehingga bagi sebagian kalangan terasa tidak memungkinkan untuk mengikutinya.


Lebih pilih kursus online bersertifikat atau program kursus secara offline?. Semuanya ada di Prasmul-ELI, lembaga pelatihan dan sertifikasi ini menawarkan banyak program menarik yang bisa Anda ikuti. Secara tarifnya sendiri bersaing dengan yang lain, dimana sudah diakui oleh banyak perusahaan besar.

Post a Comment for "Kursus Online Bersertifikat Vs Kursus Offline, Mana Yang Lebih Baik?"