Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketika Istri Temukan Foto Wanita Lain Di HP Suami, Harus Gimana?

Konten [Tampil]

istri temukan foto wanita lain di hp suami

"Warga threads mau tanya dong apa yang bakal kalian lakuin kalau nemu foto ceek di hp suami, sedangkan aku baru selesai syukuran 40 harian. Tolong dong kasih saran bingung banget"

Sebuah curhatan lewat di beranda aplikasi medsos Threads, ketika iseng saya scroll untuk memeriksa postingan saya yang biasanya nyambung dari facebook.

Membaca hal itu, sebagai mamak-mamak yang bisa lah dibilang senior, ketimbang yang curhat, saya kasih saran deh, yang solutif.

"Screenshot, lalu tanya dengan baik-baik. Fokus bertanya dan sampaikan perasaan diri. Sangat amat tidak disarankan untuk menyerang.

Sayang, ini foto siapa? kok bisa ada di HP sayang?. Saya sedih tau ga, jadi cemburu dan merasa sakit hati. bla..bla..bla..

Hindari perkataan,

Ngaku kamu! kalau bukan siapa-siapa, kok bisa ada di sini? Aku tanya orang, katanya ini berasal dari galerimu. Kamu ya, aku baru selesai 40 harian, tapi tingkahmu kayak gini.

Dijamin dia bakal berkelit, biasanya gitu"


Pengalaman Menemukan Chat Mesra Dengan Wanita Lain Serta Foto Wanita Lain di HP Suami

Sebenarnya jawaban atau komentar saya tuh biasa aja, karena emang pengalaman saya kek gitu. Pernah banget merasakan perasaan si Mbaknya itu, cuman kala itu case-nya, saya nemu chat mesra di HP suami.

istri temukan foto wanita lain di hp suami

Tapi, boro-boro ngamuk sama tuh cewek ya, yang ada saya bikin tuh cewek yang sebenarnya keknya mantan pacar suami, udah punya suami juga, jadi kelimpungan sendiri, hahaha.

Caranya, saya screenshoot percakapan mereka, terus saya jadikan PP kontak paksu, dan pura-pura nyapa di grup besar yang dia punya.

Dulu kan pakai BBM ya, mirip dengan WA, di mana ketika kita chat di grup, tentunya foto profil akan terpampang nyata.

Langsung dibaca dong foto profil paksu sama semua temannya, dannnn.. kebetulan juga, ada suami tuh perempuan di grup itu. Abisslaaahh dia, wakakakakakak.

I told you, jangan sembarangan sama suami orang, tidak semua istri suka mencak-mencak, ketemu istri kek si Rey ini, dia caranya halus, tapi ibarat luka gesek dikasih garam, perihnya menusuk tulang, wakakakaka. 

Dulu itu terjadi ketika 5 tahunan pernikahan kami, dan saya masih belum tumbuh jadi wanita yang didewasakan hidup.

Memang sih, saya bisa dengan pelan tapi menggigit memperlakukan si wanita tersebut, tapi tidak dengan menghadapi suami.

Off course saya mencak-mencak, menyudutkan dia, menuduh dan menyerang dia. Lalu gimana reaksinya? ya elaaahhh, bahkan sampai detik ini, sedikitpun dia nggak merasa bersalah. Menurutnya, itu bukan selingkuh, dia cuman curhat aja. Yang nama selingkuh itu ya kalau tidur bareng, wakakakkaak.

Butuh bertahun-tahun saya mengungkit dan meyakinkan ke dia, how hurt i am. Bukan hanya terluka dengan percakapan mesra mereka di chat, tapi juga semakin terluka karena sedikitpun dia tidak merasa itu salah, sehebat apapun saya nangis, guling-guling, teriak.

Bahkan, bolak balik saya minta dipertemukan dengan suami tuh cewek, cuman pengen nanya ke suaminya. Apakah menurut suaminya, chat itu bukan selingkuh? kalau suaminya bilang bukan, insya Allah saya akan berhenti untuk mempermasalahkan, dan memilih melupakannya.

Tapi boro-boro dipertemukan, yang ada dia melarang, katanya kasian malah bikin rumah tangga orang terganggu. Tambah sakit nggak tuh hati saya, bisa-bisanya dia membela wanita itu, dan membiarkan hati istrinya merana.

Oh ya, sekadar info, paksu ini orangnya suka ngalah sama saya, sejak sebelum menikah kami pacaran 8 tahun lamanya, selama itu dia selalu ngalah dan mengutamakan saya.

Kebayang nggak sih bagaimana sakit hati saya digitukan?.

Titik balik sikap saya terjadi, setelah memutuskan jadi blogger yang fokus untuk menghasilkan uang. Gegara hal ini, saya jadi membaca banyak hal baru, salah satunya tentang rumah tangga. Belajar dari cerita banyak orang, rekaman-rekaman para pakar salah satunya dr. Aisyah Dahlan.

dr aisah dahlan

Mendengarkan dengan seksama nasihat dari beberapa psikolog. Akhirnya saya sadar, kalau ternyata cara saya salah dalam menghadapi paksu. 

Para lelaki emang diciptakan berbeda dengan perempuan, otak mereka juga di-setting berbeda, sebagai seorang pemimpin, tentunya mereka nggak suka jika disudutkan.

Karenanya, ketika mereka tersudut, yang ada mereka bakal berontak, mulai dari nggak mau ngaku, sampai akhirnya memanipulasi perasaan wanita.

Dulu paksu begitu, sayangnya dia lupa, kalau dia menikahi wanita yang juga bisa melakukan apapun, termasuk balas memanipulasi, wakakakak.

Karena selalu kalah dan terdesak, jadinya dia kabur deh, wakakakakak.

Meski demikian, saya pernah beberapa kali mempraktikan teori-teori menghadapi lelaki tuh harus diserang pakai cara kita sebagai wanita yang disukai lelaki.

Dengan manja, merasa tidak berdaya, sehingga egonya terpenuhi, lalu akhirnya bisa memahami bahwa tindakannya melukai hati istrinya.

Kalau sedang sabar, saya biasanya menggunakan cara itu, dan memang berhasil. Paksu selalu luluh, merasa bersalah dan sampai sujud-sujud di kaki.

Sayangnya, mungkin dalam perjalanan panjang mempelajari teori pernikahan, sudah banyak bekas luka yang menjadi scar di hati saya. Sehingga kadang saya malas memperlakukan paksu demikian, dan memilih ikutin caranya aja.

Dia diam, ya udah saya juga diam, toh saya juga nggak merasa ada yang hilang dengan diam tersebut.

Tapi ini jangan ditiru ya parents. Karena nggak semua perempuan bisa menjalani kehidupan tanpa komunikasi kayak saya, hehehe.


Oh ya, sebelum diprotes, bahwa judulnya kok menemukan foto wanita lain, tapi isinya bercerita tentang chat mesra?.

Ya selain konsepnya mirip, saya pun punya cerita yang sama, ketika menemukan foto wanita lain di HP suami secara nggak sengaja.

Jadi, setelah kejadian menemukan chat mesra dengan wanita lain, saya jadi sering sidak HP suami secara tiba-tiba.

Tapi lama-lama saya capek sendiri, dan kayaknya sih udah sekitar 5 tahunan terakhir ini, saya nggak pernah lagi mau peduli dengan isi HPnya.

Suatu ketika paksu meminjam laptop lama saya untuk dibawa ke lokasi kerjaannya. Tapi karena anak-anak juga butuh laptop, jadi saya minta kembali, dan laptop itupun dibalikin.

Pas saya pakai, eh ada folder yang isinya back up foto dari HPnya. Iseng saya cek, dan uwow, saya menemukan beberapa fotonya dengan beberapa wanita.

Ada yang sama teman kerjanya, ada juga yang ketika dia sama temannya, keknya berfoto dengan SPG rokok. Awalnya merinding sih liatnya, karena kaget aja udah sejauh itu perubahannya. Tapi setelah itu, ya udah lah ya, nggak ngurus, wakakakaka.

Saya pengen praktik an tulisan saya di atas, tapi juga mikir, untuk apa?. Jujur nggak merasa yang gimana-gimana juga. Ya udahlah ya, terserah dia mau berfoto dengan siapa saja, wakakakak.

Jangankan mau mikir yang aneh-aneh ya, saya bahkan lupa kejadian itu, sampai akhirnya membaca curhatan di Threads itu.


Ketika Istri Temukan Foto Wanita Lain Di HP Suami, Harus Gimana?

Ketika ada kondisi seperti ini, menurut saya, sebaiknya para istri tahan dulu amarahnya. Dan tanya dulu ke diri sendiri, mau hasil seperti apa yang diinginkannya?.

istri temukan foto wanita lain di hp suami

A. Apakah pengen suami mengakui dan menyesali serta meminta maaf dengan tulus?.

B. Atau pokoknya hati terpuaskan saja?

Karena ini penting banget untuk memilih sikap apa yang akan kita keluarkan terhadap suami.

Kalau pilihannya A, amat sangat tidak disarankan untuk bertingkah mengikuti hati yang sedang emosi. Karena selain nggak ada gunanya, pun juga hanya bakal menambah sakit hati, karena suami pasti akan berkelit.

Ujung-ujungnya, ketika merasa terdesak, dia mengakui asal aja, atau mengakui tapi menyalahkan istri, atau lebih sadis lagi, dia mengakui dan menantang.

"Iya, aku memang selingkuh, kalau benar, kamu mau apa?" 

Saya udah khatam banget ucapan lelaki kayak gitu, hahaha.

Dikhianati pasangan, baik secara sengaja dan terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, udah bikin traumatik seumur hidup. Jangan tambahan rasa trauma kita dengan sikap dan ucapan suami yang yang pastinya jauh lebih pedas.

Ingat, kita para wanita ini sangat sulit melupakan semua kesalahan suami, apalagi kesalahan yang fatal, termasuk ucapannya yang bikin hati perih.

Jadi, jangan memancing suami agar makin menyakiti hati, kecuali memang udah berniat menyudahi hubungan. Atau kalaupun tidak bisa menyudahi, kecuali mampu menjalani hidup dengan tidak menaruh ekspektasi apapun ke suami. Kayak si MamiRey ini, hehehe.

Saya bisa tenang menjalani hidup, karena sudah tidak punya banyak ekspektasi ke suami, selain memperjuangkan hak anak akan dinafkahi bapakeh.

Jadi, apapun yang dia lakukan, tidak bikin hati saya jadi overthinking. Makanya, mau berpisah berbulan-bulan tanpa komunikasi, bahkan ketika waktu liburan dia nggak pulang pun, saya tenang-tenang aja tuh.

Meskipun ini nggak bisa dibilang sehat ya, karena kadang kalau bapakeh udah mulai berbaik-baik, saya malah risih, dan berusaha melindungi hati.

Karena udah yakin banget, palingan cuman bertahan seminggu dua minggu. Abis itu dia balik ke settingan error yang suka sesukanya menutup komukasi.

Daripada mengulang sakit hati, mending kan menyudahi ekspektasi apapun, dan sebagai wanita yang memang sejak kecil terbiasa mandiri, hal ini bukan masalah buat saya, hehehe.   

Tapi, tetap saya nggak sarankan, orang lain mengikuti cara ini, jadi saran saya, be wise. Karena sikap istri dalam menyikapi masalah menemukan foto wanita lain di HP suami, sangat menentukan berapa banyak sakit hati yang akan ditanggungnya.     


Kesimpulan dan Penutup

Ketika seorang istri yang menemukan foto wanita lain di HP suaminya, maka:

  • Penyikapan Emosional vs. Solusi: saat menemukan hal seperti ini, penting untuk menahan emosi dan bertindak secara solutif. Mengambil screenshot dan mengajukan pertanyaan dengan baik-baik bisa membuka ruang untuk komunikasi yang jujur dan terbuka.
  • Komunikasi yang Efektif: mengungkapkan perasaan dengan jelas kepada suami adalah kunci. Hindari menyerang secara langsung, tetapi fokuslah pada perasaan yang dirasakan seperti kecemburuan dan sakit hati.
  • Respek pada Privasi dan Batasan: Meskipun menemukan hal yang mengejutkan di HP suami, tetaplah mempertimbangkan batasan privasi dan cara menghadapi situasi tersebut dengan bijak.
  • Pilihan Reaksi: ada dua pilihan utama dalam menghadapi situasi ini, yaitu apakah ingin suami mengakui dan meminta maaf secara tulus, atau hanya sekadar merasa hati terpuaskan. Memilih reaksi yang tidak emosional bisa membantu menghindari penambahan sakit hati yang tidak perlu.
  • Pentingnya Komunikasi dan Pengertian: Keterbukaan dan pengertian dari kedua belah pihak sangat penting untuk mengatasi konflik dalam hubungan. Menghadapi masalah dengan cara yang baik bisa menghindari perdebatan yang tidak produktif.

Demikianlah, semoga sharing tentang ketika istri menemukan foto wanita lain di HP suami ini bisa menjawab kegalauan istri-istri yang mengalami hal itu.


Surabaya, 19-07-2024

Parenting By Rey - Reyne Raea

Sumber : opini dan pengalaman pribadi

Gambar : canva edit by Rey 

1 comment for "Ketika Istri Temukan Foto Wanita Lain Di HP Suami, Harus Gimana?"

  1. Aku tuh ya Rey, ga pernah mau cek hp suami, bukan krn percaya banget ke dia, tapi krn ga mau sakit hati 😁.

    Kalo ditanya yakin atau ga ama suami, mungkin 80%. 20 % nya msh dipertanyakan. Krn biar gimana dia cowok, kerja di lingkungan yg banyak cewe cantik dan modis.

    Tapi aku berusaha positif kalo dia msh sangat bertanggung jawab. Kalopun ada ugal2an sedikit, ya sudahlah yaaaa 😂.

    Pernah sekali tau ga, dia lagi wfh. Jd biasanya pastiii nelpon dan meeting mulu ama temen kantor dan bos nya. Suara kan kedengeran yaa. Sekali aku denger, mereka lagi intermezzo dari meeting. Yg dibicarakan cewe. Betapa si cewek ini sangaaat cantik 🤣.

    Dan pas denger itu, aku sendiri heran, kenapa aku ga sakit hati.. Biasa aja dengernya.

    Padahal dulu zaman pacaran aku bisa cemburu bgtttt kalo denger dia muji artis, apalagi cewe dan mantan . Kalo skr, kok ya malah flat😂

    Dibilang ga cinta lagi, bukan juga. Aku masih sayaaang banget, tp memang prioritas ku udh ga kayak dulu. Intinya skr mah, dia tanggung jawab, dia memenuhi kewajiban. Kalo urusan selingkuh, aku serahin ke Tuhan aja. Itu udah urusan dia ama Tuhan.

    Dulu aku juga bukan tipe setia waktu pacaran. Tapi pas nikah, aku ga berani macem2, krn biar gimana janji yg dibuat pas ijab kabul itu udh ke Tuhan. Jd aku ga mau main2. Aku berharapnya dia juga begitu.

    ReplyDelete