Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Sederhana Anak Belajar Coding Bagi MamiRey

Konten [Tampil]
manfaat coding untuk anak
"Buat apa sih anak-anak belajar coding, MamiRey? biar jadi apa?"

Seorang sahabat menanyakan hal itu, ketika melihat postingan saya yang share video free trial coding and robotic di Codero Surabaya.

Beberapa waktu lalu, saya memang iseng mendaftar free trial yang diadakan sebuah lembaga kursus coding dan robotic yang kebetulan baru akan buka cabang di kota pahlawan ini. 

Yang bikin saya tertarik pengen ajak anak-anak ikutan hal ini, karena lokasi store-nya hanya selemparan aja dari tempat tinggal kami. 

Codero cabang Surabaya ada di jalan Semolowaru no. 11 block J1, Surabaya. Kami cukup menyeberang perumahan Galaxy Bumi Permai untuk sampai ke sana.

Lokasinya tuh ada di ruko-ruko yang ada di jalan Semolowaru belakang perumahan Galaxy Bumi Permai, jadi kalau dari Untag, lurus aja ke arah Perumahan Galaxy, lewatin perempatan jalan Ir. Soekarno - Semolowaru, nggak lama kemudian ada ruko-ruko di sebelah kanan jalan, nah di situ deh.

Alasan lain, kebetulan banget, saya lagi bingung nyariin sesuatu yang bermanfaat buat anak-anak. Karena mereka bosan dikurung di rumah mulu, hahaha.

Akhir-akhir ini, saya juga rempong mengurus blog dan media sosial, mamak kudu cari duit kan?. Jadinya saya nggak bisa fokus menemani mereka. Kadang anak-anak tuh mengeluh bosan, mau minta screen time di akhir pekan pun, kadang maminya bete karena mereka sering lupa waktu. 

Dan maminya juga kalau udah kerja kan harus fokus. Emangnya kalian yang cari duit, kalau kerja pikirannya bisa disambi nggak sih?. Misal, lagi mikirin mau nulis kayak gini, terus disambi jawabin pertanyaan anak, emang bisa? hahaha.

Jadinya, ketika saya liat iklan free trial coding ini, tiba-tiba terpikirkan sebuah kegiatan positif, yang bikin mereka sibuk tapi bermanfaat, dan maminya juga bisa 'lepasin' mereka berkreasi tanpa kudu harus didampingi terus.

Apalagi kalau bukan dikasih laptop, tapi ngerjainnya suatu hal yang menyenangkan dan bermanfaat. Dan salah satunya ya dengan cara bikin anak belajar coding.


Anak-Anak Belajar Coding itu Kayak Gimana Sih?

Sejujurnya saya juga belum seberapa mendalami hal ini, FYI saya lulusan teknik sipil dong, manalah ngerti coding, hahaha.

Tapi saya memang sejak dulu suka teknologi, dan merasa teknologi itu cocok untuk semua orang. 

Maksudnya gini, misal kayak jurusan yang saya pelajari saat kuliah, teknik sipil. Ini keren dan menyenangkan sebenarnya, sayang di case atau kondisi saya, pelajaran ini nggak compatible dengan mamak-mamak, karena kerjaannya lebih sering di kantor atau di proyek.

Sementara hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, sangat bisa dikerjakan di mana saja. Karenanya sejak jadi ibu rumah tangga dan serius mengelola blog, saya semakin dekat dengan dunia teknologi, termasuk coding dalam hal yang umum.

Menurut saya, coding ini menarik dan bisa dipelajari siapa saja, termasuk anak-anak.

Makanya saya cari tahu deh, gimana sih coding untuk anak itu?. Pas banget waktu SD si Kakak pernah sejenak mengenal dunia coding untuk bikin animasi sederhana.

manfaat anak belajar coding

Salah satunya dengan menggunakan aplikasi atau website https://scratch.mit.edu/.

Saya ubek-ubek deh tuh websitenya, dan akhirnya sedikit mendapatkan bayangan, seperti apa sih anak-anak yang belajar coding itu?

Gambarannya adalah, belajar coding itu bikin anak-anak bisa belajar membuat game sederhana dan menyenangkan. Jangan membayangkan coding itu ribet kayak lihat kode-kode html-nya blog ya.

Yang pakai 'If' dan lainnya itu, hahaha.

Enggak kok, pakai website scratch itu, anak-anak bakal diarahkan mengerjakan sebuah perintah coding untuk menghasilkan sebuah game bahkan animasi sederhana, dengan tools yang sangat menarik dan eye catching dan mudah dimengerti. 

Belajarnya juga bukan hanya pakai scratch ya, ada banyak aplikasi lainnya, tapi yang sering anak-anak ubek-ubek akhir-akhir ini memang pakai scratch sih.


Manfaat Sederhana Anak-Anak Belajar Coding Ala MamiRey

Kembali ke pertanyaan di atas ya, lalu apa sih manfaat anak-anak belajar coding. Untuk manfaat yang umum saya pernah nulis di artikel beberapa waktu lalu, parents bisa baca di tulisan saya tentang 7 manfaat coding untuk anak tersebut.

manfaat anak belajar coding sejak dini

Tapi di sini, saya ingin menambahkan beberapa manfaat sederhana yang tentunya sangat saya rasakan sebagai mom blogger yang juga single fighter pejuang LDM ini.


1. Agar waktu screen time anak jadi lebih bermanfaat

Zaman sekarang ya, yang namanya screen time itu, favorit semua anak tanpa terkecuali. Entah itu TV, main laptop apalagi HP.

Tapi sejujurnya, saya sebagai ibu, benci banget kalau liat anak-anak udah nonton TV maupun main games itu. Karena terlihat banget, bagaimana kemunduran cara berpikir dan fokus anak.

Duh, mamaknya yang super rempong ini, bakalan ngamuk banget kalau lagi sibuk, dikejar deadline. Toh juga mamina cari duit ini bukan sekadar untuk dilihat sebagai ibu yang berdaya ya, enggak! maminya cari duit ya buat kebutuhan hidup utama juga.

Terus, ketika maminya super rempong multi tasking sampai otak hang, sementara anaknya hanya plonga plongo ngehang akibat kebanyakan fokus main games atau nonton TV. Duh, bakalan berdiri tuh rambut si Mamaknya dan siap-siap mengaum kek singa, wakakakak.

Jujur, saya nggak sukaaaa banget liat anak-anak ngehang nggak jelas kayak nggak punya tujuan hidup kayak gitu. Tapi, emang mereka juga nggak bisa disalahkan, saya sebagai ibu nggak bisa sering dampingi mereka beraktifitas yang lebih bermanfaat.

Meanwhile, anak-anak tuh memang lebih aman dikasih screen time ketika maminya lagi fokus, kalau enggak mereka bakalan main kejar-kejaran, gebuk-gebukan, masya Allllaaaahhh, mau korslet rasanya otak maminya, huhuhu.

Lalu akhirnya kepikiran dengan coding, gegara liat banner Codero Surabaya. Trus setelah daftar dan nunggu waktu free trial, saya browsing duluan dong di website-nya.

Saya liat salah satu kelasnya menggunakan scratch, dan ketika saya coba ulik website-nya, ternyata menarik. Saya ajak dong anak-anak untuk ikutan, dan suprisingly mereka suka.

Lalu sejurus kemudian, mereka berdua tenggelam di depan laptop, sibuk cobain beberapa fitur yang ada di sana. Ternyata keduanya suka banget, fokus deh di depan laptop, dan maminya bisa fokus di laptop kerjanya dengan damai, hahaha.

Tentu saja saya senang banget, karena kalau sebelumnya anak-anak menggunakan waktu screen time untuk main games. Yang sejujurnya saya belum liat ada manfaat selain dia familier dengan games, dan makin susah fokus hal lain.

Sekarang, anak-anak tentu saja fokus di depan laptop, tapi manfaatnya mereka jadi lebih familier dengan coding dasar.

Nantinya, ketika mereka ikut free trial, dan apalagi bisa langsung daftar kelasnya, anak-anak jadi semakin terarah untuk lebih menguasai coding untuk anak.

Sungguh win-win solution buat saya banget sih ini, anak-anak happy dibolehin screen time oleh maminya. Maminya happy karena anak-anak tenang, nggak gangguin konsentrasi maminya yang lagi fokus ngeblog atau bikin konten untuk media sosial.


2. Bikin anak-anak jadi punya kelebihan dan kemampuan lain yang lebih up to date

Ini mah bukan sebuah hal yang luar biasa ya, di zaman sekarang tuh anak-anak butuh banget kelebihan atau kemampuan lain. Yang bisa dijadikan modal mereka memasuki dunia persaingan yang makin sengit di masa mendatang.

Anak-anak saya kebetulan belum punya kemampuan lain, mau fokus di bidang olahraga, kok ya belum menunjukan tanda-tanda anak suka akan olahraga tertentu secara intens, bukan sekadar suka doang kan.

Apalagi, setelah si Adik gagal masuk kelas intensif di sekolahnya, lantaran waktu test dia malas jawab, katanya susah amat, wakakakak.

Jadi saya memang udah berencana mencarikan kegiatan lain di luar sekolahnya. Pas liat tentang coding anak, maminya yang suka teknologi langsung semangat. 

Dengan kemajuan zaman seperti sekarang, saya pikir di masa mendatang coding bakalan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia.

So, keputusan membuat anak mengenal dan memahami apalagi kalau sampai menguasai coding untuk anak sejak dini tuh, adalah yang terbaik.


3. Bikin maminya bisa punya waktu bekerja yang lebih fokus tanpa khawatir dengan kegiatan anak

Ini sih berhubungan dengan poin 1 di atas ya, di mana karena saya merupakan freelance working home mom, mau nggak mau saya harus bekerja di samping anak-anak.

Dan believe me, nggak gila aja udah syukur bangettttt!

Mana tuh orang-orang yang suka komporin, asyiknya bisa menghasilkan uang sambil momong anak, pret lah asyik, yang ada ngehek, hiks.

Pegimana kita bisa kerja dengan fokus ya, kalau anak-anak berisiknya masya Allaaaahhh. Apalagi kondisi saya nggak punya ruang kerja khusus ya. Dan kalaupun saya punya ruang kerja khusus, anak-anak laki dibiarin main berdua tanpa diawasin?. Duh siap-siap aja mereka menghancurkan semua barang dengan tingkah liar mereka, hiks.    

Jadi, nggak ada cara lain, selain memberikan mereka kegiatan yang menarik, bermanfaat dan bikin mereka lebih tenang, setidaknya beberapa waktu, untuk dimanfaatkan maminya buat bekerja dengan fokus dalam kedamaian, hahaha.


Kesimpulan dan Penutup

Anak-anak yang belajar coding memiliki manfaat sederhana yang sangat berarti, khususnya buat saya sebagai freelance mom blogger single fighter mom pejuang LDM. 

Pertama, coding membuat waktu screen time anak menjadi lebih bermanfaat karena mereka dapat fokus pada kegiatan yang edukatif dan kreatif dibandingkan hanya bermain game atau menonton TV. 

Kedua, belajar coding memberikan anak-anak kelebihan dan kemampuan lain yang lebih up to date dan dapat menjadi modal penting dalam persaingan di masa depan. 

Ketiga, belajar coding memungkinkan maminya bekerja dengan lebih fokus tanpa harus terus-menerus mengawasi anak-anak, sehingga menciptakan win-win solution bagi keduanya.

Bagi Moms yang ingin ikutan saya free trial coding and robotic di Codero bisa daftar di link ini ya : https://bit.ly/CoderoStudentForm

Sabtu, 27 Juli 2024 besok, saya bakalan ke sana juga sama anak-anak, bisa WA saya buat janjian datang ke sana bareng-bareng di 0813 1938 9912.


Surabaya, 22-07-2024

Parenting By Rey - Reyne Raea

Sumber: opini dan pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri

9 comments for "Manfaat Sederhana Anak Belajar Coding Bagi MamiRey"

  1. Asik juga ini anaknya MamiRey belajar coding. Dengan begitu punya kegiatan bermanfaat ya dalam mengisi waktu luang, selain belajar formal di sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, bikin screen time-nya jadi lebih berfaedah, nggak main game aja mulu, hahaha

      Delete
  2. Pembelajaran tentang coding pada anak pastinya banyak manfaatnya ya mamiRey, secara jaman terus berkembang banyak hal-hal baru yang nantinya akan berguna pada anak untuk mencapai cita-cita yang diinginkan oleh mereka.

    ReplyDelete
  3. coding untuk anak-anak itu kaya game tapi edukatif, ya. bener banget. jadinya mereka punya screen time yang lebih berkualitas

    ReplyDelete
  4. Anak-anak lebih kreatif ya?
    Jadi pingin belajar coding buat aku juga
    Ntra bareng keponakan-keponakanku , bareng latihan bikin game sederhana
    waw belum2 udah kerasa exciting

    ReplyDelete
  5. Anak sulung saya sudah nyebur di dunia coding sejak SMP. Sengaja disuruh belajar dengan professional karena minat dia sudah kuat banget di dunia ini. Terus lanjut belajar hingga di dunia perkuliahan pun ngambil konsentrasi di bidang. Sekarang sudah lulus dan jadi IT Security sebuah bank. Yang pasti seneng banget jika bisa mendampingi anak berkembang sesuai dengan minatnya. Akan sangat terasa saat dia fokus dan konsisten di bidang yang dia betul-betul ingin kuasai.

    ReplyDelete
  6. Tumbuh di zaman teknologi semakin canggih memang bagai privilege tersendiri untuk anak-anak. Mau belajar apapun, bisa. Contohnya coding, belajarnya pun tidak serumit yg dibayangkan. Fun banget, bikin anak betah. Setuju banget, anak jd lebih produktif meski screen time.

    ReplyDelete
  7. Benar juga ya. Anak-anak kan kalau screen time tuh senang banget. Kalau nggak dikontrol, mereka bisa lupa waktu kalau sudah screen time.

    Kenapa nggak kita manfaatkan kesenangan mereka dengan belajar coding ya? Apalagi kalau hasilnya bisa membuat game. MEski sederhana, mereka kan juga suka main game tuh.

    ReplyDelete
  8. Daripada bermain gadget ga jelas, mending belajar coding ya mbak. Bermanfaat untuk anak selain mengasah kemampuan berpikir, anak juga bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat

    ReplyDelete