Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anak Kelas 1 SD Belajar Robotika, Buat Apa Sih?

Konten [Tampil]

 manfaat anak sd belajar robotik

Anak kelas 1 SD belajar robotika, sebenarnya bukan hal baru sih ya, bahkan sejak TK anak-anak juga bisa banget kok belajar ilmu tentang robot.

Dan tak perlu khawatir, jenis ilmu ini terdiri dari beragam, yang mana menyesuaikan dengan usia dan kemampuan anak.

Dan kesemua jenisnya sangat bermanfaat untuk perkembangan anak sesuai usianya.  


Anak Kelas 1 SD Belajar Robotika, Kayak Gimana Sih?

Mungkin ada nih parents yang sama kayak saya, dulunya nggak kebayang banget, anak-anak belajar robotika itu gimana sih?.

Apakah anak-anak akan diajarin bikin robot canggih kayak di film-film itu?. 

Oh tentu bisa, tapi nanti, hahaha.

Yang benar aja anak-anak piyik langsung dijejali komponen robot yang super canggih itu, sementara robot demikian tuh terbentuk dari beberapa jenis ilmu pengetahuan.

Ada engineer electro, programer dan lainnya yang bekerja sama untuk menghasilkan sebuah robot canggih.

Kalau anak-anak atau pemula mah mulai dari dasar dulu, kali.

Namun sebelum kita mengenal robotik untuk anak, sebaiknya kita mengenal dulu definisi robotik itu sendiri.

manfaat robotika untuk anak sd kelas 1
Si Adik pamerin robot helikopter yang berhasil dia rakit sendiri dan atur codingnya sendiri

Robotik atau Robotika adalah ilmu yang mengintegrasikan disiplin STEM (Science-Technology-Engineering-Math) guna membuat sebuah mesin cerdas yang mampu melakukan berbagai aktivitas.

Sedangkan STEM adalah model pembelajaran terkini, yang banyak dikembangkan oleh negara-negara maju, dikarenakan adanya kemerosotan minat anak-anak dalam pelajaran di bidang matematika dan sains.

As we know kan ya, kedua pelajaran ini penting banget, sayangnya belakangan ini banyak yang (seolah) meremehkan pelajaran ini, yang mana hal ini membentuk anak jadi semakin tidak tertarik akan kedua pelajaran tersebut.  

Dengan belajar robotika, anak-anak bisa mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan berbagai masalah yang ada. Juga menambah rasa ingin tahu anak, serta minat terhadap STEM itu sendiri, melalui belajar dasar-dasar robotika.  

Jenis robotika yang bisa dipelajari oleh anak terdiri dari bermacam-macam, di antaranya:


Tale Bot

Disebut juga robot coding interaktif Tale-Bot Pro, yang merupakan robot pembelajaran tingkat pemula untuk anak-anak berusia 3-5 tahun. 

tale bot robotika untuk anak kelas 1 sd
Si adik mengenal Tale Bot di CODERO Surabaya

Robot ini ditingkatkan dengan teknologi inovatif, melalui berbagai peta interaktif lintas kurikulum. Melalui ini, anak-anak bisa mempelajari konsep coding dasar, hingga membuat robot dengan mengembangkan cerita dengan cara yang cerdas. 

Dengan permainan berbasis game, anak-anak juga bisa meningkatkan keterampilan berbicara bebas, dan bercerita, selain keterampilan sosial-emosional mereka.


Lego Robotika

Lego robotika merupakan sebuah robot yang diciptakan dari perangkat keras Lego dan perangkat lunak pemrogaman (coding) untuk menggerakan robot tersebut.

manfaat lego robotika untuk anak sd kelas 1
Merakit robot lego bareng miss Maris

Jenis robotika ini sangat cocok untuk anak usia 4 hingga 16 tahun, mulai dari TK, SD hingga SMP.

Ilmu robot ini juga sangat menarik buat anak-anak karena mostly mereka menyukai hal merakit lego, apalagi jika bisa menggerakannya melalui sebuah aplikasi di ponsel atau semacamnya.


Robotika Arduino

Robotika arduino adalah sebuah robot yang dikendalikan oleh mikrokontroler Arduino. Sedang Mikrokontroler merupakan sebuah chip dalam dari sebuah mikroprosesor yang lengkap.

Secara awam, kita bisa membedakannya dengan mikroposesor dari sebuah gadget (handphone, laptop, komputer). Di mana pada mikrokontroler biasanya sudah lengkap dengan memori untuk menyimpan program dan juga I/O (input / output komputer).

Sementara mikroprosesor gadget biasanya hanya ada CPU saja, tanpa memori dan I/O.

Arduino adalah perangkat elektronik yang bersifat open source, yang sering digunakan untuk merancang dan membuat perangkat elektronik serta software yang mudah digunakan.

Dengan mikrokontroler Arduino, membuat proyek elektronika bisa secara langsung tanpa harus merangkai “Sistem Minimum” (IC ATMega328, uploader, LED built in, Crystal 16Mhz) rangkaian dasar yang harus ada,  dahulu.

Sederhananya, mikrokontroler Arduino merupakan otak dari sebuah robot (susah amat ya saya jelasin di atas, padahal tinggal nulis 'otaknya robot' aja! hahahaha).

Karena robotika Arduino ini cenderung rumit, maka biasanya direkomendasikan untuk anak usia minimal 14 tahun. Bahkan, untuk membuat akun arduino, anak harus berusia minimal 16 tahun, atau setidaknya harus di bawah izin parents.

Meskipun demikian, di beberapa tempat, kelas robotica Arduino ini, telah diberikan untuk anak yang duduk di kelas 4 atau 5 SD atau sekitar usia 10 tahun.  

Robotika Arduino ini juga terdiri dari beberapa jenis, di antaranya : Arduino Nano, Arduino Micro, Arduino UNO, Arduino Leonardo, Arduino Mega, dan lain-lain.


Sebenarnya masih banyak jenis robotika untuk anak lainnya, tapi yang paling sering ada di kelas-kelas robotika di Indonesia, lebih banyak mempelajari ke-3 jenis robotika di atas.

Setidaknya itu yang saya ketahui, *cium me if i'am wrong! eh salah correct me if i'am wrong.     


Manfaat Anak Kelas 1 SD Belajar Robotika

Kalau ngomongin tentang anak belajar robotika, tentu saja hal pertama yang muncul di pikiran kebanyakan parents di Indonesia adalah pasti mahal? emang manfaatnya apa?.

manfaat lego robotika untuk anak sd kelas 1
Si Adik merakit robot lego dibimbing miss Maris

Secara logika, iya sih ada modal lebih yang harus parents keluarkan, karena we know kan ye, teknologi itu tentunya butuh dana lebih.

Tapi untuk itu, kebanyakan parents akan mencari tahu dulu, untuk apa sih belajar robotika? toh masih anak-anak, bukankah para penemu dan pembuat robot itu orang dewasa? yang mana punya gelar minimal engineer?.

Kenyataannya banyak banget loh manfaat anak belajar robotika sejak dini.

Salah satunya untuk mengenalkan anak kembali pada STEM atau Science-Technology-Engineering-Math yaitu ilmu teknologi, rekayasa teknik maupun matematika.

Secara umum, berikut manfaat anak kelas 1 SD belajar robotika:


Manfaat Robotika untuk Anak dalam tumbuh kembangnya

  • Dapat merangsang cara berpikir anak secara sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan sebuah masalah. Hal ini bisa didapatkan dari tantangan anak merakit robot lego misalnya, termasuk dalam membuat coding program robot tersebut. Anak-anak akan menemukan banyak tantangan dalam kegiatan tersebut, sehingga melatih mereka untuk kreatif dalam menaklukan tantangan tersebut.
  • Dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Anak-anak akan berlatih merakit robot sesuai petunjuk, yang tentunya akan membuat jari-jarinya bekerja dengan baik. 
  • Dapat meningkatkan keterampilan imajinasi anak. Di mana anak-anak bisa memikirkan akan merangcang, merakit dan membuat robot seperti apa?.


Manfaat Robotika untuk Anak dalam pelajaran sekolah

Bukan hanya mendukung tumbuh kembang anak, khususnya robotika untuk anak SD juga sangat mendukung pelajaran anak di sekolah.

Ini lebih menarik, karena melalui robotika, anak-anak bisa belajar science secara visual dan dengan metode yang menyenangkan.

Beberapa pelajaran yang bisa dipelajari anak SD dalam robotika, yaitu:  

  1. Matematika: anak-anak bisa belajar tentang penerapan konsep dasar dari aljabar, geometri, teori kemungkinan (probabilitas), hingga statistik.
  2. Sains: anak-anak bisa mempelajari pengetahuan tentang sistem robotika serta pengetahuan fungsi-fungsi sensor dan motor.
  3. Komputer: anak-anak bisa belajar teknik dasar pemrograman atau coding.
  4. Fisika: anak-anak bisa mempelajari penerapan rumus kecepatan, percepatan, gaya, dan beban.


Cerita Si Adik Belajar Robotika di CODERO Surabaya 

Begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan anak, khususnya yang duduk di kelas 1 SD, dengan belajar Robotika. Hal inilah yang membuat saya mendukung si Adik untuk ikutan kelas Robotika di CODERO Surabaya.

manfaat lego robotika untuk anak sd kelas 1
Yey, berhasil bikin robot lampu lalu lintas

Hal ini bermula dari undangan mengikuti free trial class pada grand opening CODERO cabang Surabaya bulan Juli lalu. 

Sebagai mamak-mamak pecinta teknologi, tentu saja saya semangat banget mengajak anak-anak untuk lebih mengenal teknologi tersebut.

Terlebih, saya merupakan mom yang cinta teknologi, tapi kurang suka jika anak-anak bermain game semata. Awalnya sih cuman pengen mengenalkan coding aja ke anak-anak.

Apalagi si Kakak memang pernah mendapatkan coding untuk animasi ketika masih SD dulu. Nah pas tahu kalau ada coding and robotic class yang base-nya CODERO Surabaya yang cuman selemparan batu (nggak juga ding, tapi lumayan dekat, hahaha) dari tempat kami. Langsung deh saya ajak anak-anak ikutan coba gratis dulu.

Untungnya ketika nyobain pertama tuh, si Kakak maupun Adik dikasih kebebasan mau cobain apa aja?. Padahal awalnya tuh anak-anak maunya coba coding aja.

Alasannya, mereka suka utak atik scratch di rumah.

Tapi, setelah si Adik sampai di sana, perhatiannya langsung terdistraksi oleh lego robotika yang ada di sana.

Si Adik juga disambut dengan baik, diperkenalkan mulai dari jenis Robotika yang sangat sederhana. Kebetulan usia si Adik kan masih 6 tahunan, jadi sama teacher CODERO, ms Maris diarahkan dulu cobain Take Bot.

Hanya dalam hitungan menit, si Adik langsung bisa mengerti bagaimana mengoperasikan robotika sederhana tersebut. 

Lalu mulai melirik lego yang banyak terdapat di sana.

FYI, kebetulan banget si Adik ini memang sangat suka permainan bongkar pasang lego atau semacamnya. Jadi, ketika dia liat lego di sana, auto tertarik.

Lalu ms, Maris pun mengajak si Adik untuk merangkai robot dari Lego dan ternyata dari situlah ketertarikan dia akan robotika, mengalahkan coding.

Dan setelah free trial, anak-anak langsung ikutan kelasnya. Di mana si Kakak pilih ikutan coding class, sementara si Adik ikut robotic class

Sejak bulan awal Agustus 2024 ini, anak-anak akhirnya mulai menjalani kelas pilihannya masing-masing. Sengaja saya daftarin mereka di hari Jumat siang, agar tidak bertabrakan dengan jadwal sekolah dan ekstra kurikuler sekolahnya. Pun juga, karena harga kelas Robotic untuk weekday lebih murah dikit ketimbang weekend, hahaha.

Dan hingga saat ini, sudah 2 minggu anak-anak, khususnya si Adik mengikuti kelas Robotika dibimbing oleh salah satu teacher CODERO Surabaya, ms Maris.

Jadi setiap Jumat siang, nambah lagi mobilitas maminya, yaitu nganterin mereka ikutan kelas coding dan robotic, hahaha.

Untungnya tempatnya terbilang dekat dari tempat tinggal kami, jadi biasanya setelah saya antar ke sana, saya bisa pulang nunggu di rumah, meskipun baru nyampe rumah, eh udah waktunya jemput lagi, hahaha.

Btw, jadwal kelas mereka seminggu sekali, dan selama 1 jam pelajaran. Dan ketika di sana, parents tidak diperbolehkan menemani anak di ruangan kelas, hal ini diberlakukan salah satunya untuk melatih kemandirian anak secara lebih intens.

Setiap pertemuan, si Adik dikasih 1 project merakit robot lego, sekaligus membuat programnya melalui aplikasi uKit edu di tablet yang disediakan.

Oh ya, meski si Adik belum genap 7 tahun, tapi karena kemampuannya udah bisa memahami robot Lego, jadi dia diberikan project merakit robotika lego.

Untuk setiap pertemuan, meski parents tidak mendampingi anak, tapi tetap bisa selalu update dengan perkembangan anak dalam belajar robotika dong, karena anak-anak bisa membawa pulang sebuah kertas boarding pass, yang mana berisi catatan teacher terhadap perkembangan anak dalam kelasnya hari itu.    

Nah untuk minggu pertama ikutan kelasnya, miss Maris menjelaskan kalau kemampuan si Adik sangat bagus, dia bahkan berhasil menyelesaikan rakitan lego robot lampu lalu lintas dalam waktu 30 menitan saja.

Si Adik juga bisa membuat program robot tersebut dengan bantuan miss-nya.

Asyiknya anak belajar Robotika itu, karena udah include belajar coding juga sih ya, hanya saja emang jenis codingnya sederhana banget.

Di minggu kedua, si Adik kembali bisa merakit robot helikopter termasuk memprogramnya agar robotnya bergerak, dan sejauh ini si Adik selalu happy serta nggak sabar menunggu hari Jumat lagi, biar bisa merakit robot lagi, hahaha.    


Tentang CODERO Surabaya

Btw, saya udah pernah notice sedikit tentang CODERO ini di tulisan saya tentang manfaat coding untuk anak yang sederhana untuk saya.  

CODERO merupakan sebuah lembaga tempat belajar coding dan robotika untuk anak usia 3-18 tahun dengan menyenangkan. 

Ada banyak cabang CODERO yang tersebar di seluruh penjuru tanah air, seperti di Jakarta, Banjarmasin, Jogjakarta, Jaya Pura, Bintaro dan Surabaya.

Untuk belajar robotika di CODERO Surabaya, ada beberapa jenis yang bisa dipelajari, mulai dari Tale Bot, Robotika Lego hingga Arduino.

Di sini anak-anak bisa belajar robotika dengan didampingi oleh para teacher yang sangat ramah, dan sabar dalam mendampingi anak-anak.


Lokasi CODERO Center Surabaya : Ruko Galaxy Bumi Permai Block J1, Jl. Semolowaru No.11  Semolowaru, Kec. Sukolilo, Surabaya   

Untuk informasi biaya maupun pendaftaran hubungi nomor WA : 081260066110

Mumpung lagi ada diskon menarik loh.


Kesimpulan dan Penutup

Anak kelas 1 SD belajar robotika itu banyak manfaatnya. Meskipun terlihat kompleks, robotika dapat dipelajari sejak dini dengan metode yang disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak. 

Ada beberapa jenis robotika yang cocok untuk anak-anak, seperti Tale Bot, Lego Robotika, dan Arduino, yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

Belajar robotika memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak, seperti meningkatkan kemampuan berpikir sistematis, keterampilan motorik halus, dan imajinasi. Selain itu, robotika juga mendukung pembelajaran anak di sekolah, terutama dalam mata pelajaran seperti matematika, sains, komputer, dan fisika.

Seperti pengalaman si Adik yang belajar robotika di CODERO Surabaya. Di mana, ini tidak hanya mengasah keterampilan teknis, tetapi juga memupuk minat anak terhadap teknologi dan STEM sejak dini.


Surabaya, 12-08-2024

Parenting By Rey

Sumber: 

  • Opini dan pengalaman pribadi 
  • https://www.codero.id/ diakses 12-08-2024
  • https://matatalab.com/en/lesson4.2 diakses 12-08-2024
  • https://el.iti.ac.id/apa-itu-arduino/ diakses 12-08-2024
Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri

23 comments for "Anak Kelas 1 SD Belajar Robotika, Buat Apa Sih? "

  1. Wah, ini si adik ya mba Rey? Udah kelas 1 SD aja ya. ternyata semuran sama anakku, Arfan. menarik banget ikut kelas robotika, kayaknya Arfan kalo liat ini bakalan pingin ikutan juga deh. Kalo Codero itu ada di Surabaya doang atau gmn Mba?

    ReplyDelete
  2. haduh keren sekali ya anak jaman sekarang, kelas 1 SD udah ikutan coding, jaman aku dulu SMA baru ada komputer, mengetik sebelas jari wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Wah di robotika juga ada lego. Mengasikkan ya jadinya buat anak-anak belajar robotika ini. Bisa sebagai pengetahuan baru yang memungkinkan bisa mereka kembangkan lagi ketika dewasa nanti

    ReplyDelete
  4. Robotika ini emang jadi kegemaran anak anak jaman sekarang yaa.. tapi memang banyak anak anak yang suka robotik deh, di sekolah SD anakku juga ada eskul robotik dan banyak banget yang ikutan eskulnya.. bukti banget anak anak sejak usia SD banyak yang gemar robotik

    ReplyDelete
  5. Keren si Adek yang kelas 1 SD sudah belajar robotika, kalau disukai maka manfaat robotik pada beberapa pelajaran sekolah juga sangat membantu. Kalau nanti jadi hobi, orangtua yang kudu nyiapin budget utk lebih mendalami robotik.

    ReplyDelete
  6. Keren banget si adik belajar robotika nih. Seru ya kalau anak-anak bisa belajar robotika dan anak-anak suka. Orang tua tinggal mengarahkan aja. Si adik bisa buat robot lalu lintas juga ya. Keren dik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya setuju kak, dengan arahan orangtua dan anak-anaknya semangat pula belajarnya, maka bisa nih terus dikembangkan sebagai skill yang mumpuni

      Delete
  7. Pernah ikut ekskul robotika, tapi belum terlalu dalam mempelajari, sehingga masih banyak yang kurang begitu paham

    Kalau sekarang ada tempat untuk anak bisa mengenal bahkan mempelajari robotika, ini lumayan dan sangat bisa membantu anak untuk dapat berpikir kritis dehh,
    Beruntung kalau minat kakak atau adek di robotika ini bisa tersalurkan dengan baik, apalagi dapat support dari orangtua

    ReplyDelete
  8. Keren nih si Adek, sejak dini sudah diperkenalkan dengan dunia robotika. Meski kerjaan Mamanya jadi nambah, antar jemput ke Codero seminggu sekali, tapi gpp ya mbak, kan seneng karena kemampuan si Adek juga meningkat

    ReplyDelete
  9. Wuiihh.. bisa juga ya ternyata dikombinasikan antara lego dengan robotika. Penasaran banget tuh gimana memadukannya. Bagus banget nih belajar robotika gini sejak dini. Anak jadi terbiasa berpikiri sistematis, bisa diaplikasikan juga untuk aktivitas sehari2 agar mereka lebih terarah.

    ReplyDelete
  10. Kalau anak sudah memiliki ketertarikan tertentu kaya gini enak banget. Orangtuanya bisa segera memfasilitasi dan anak-anak happy.
    Semoga adik happy terus dan semakin banyak menciptakan robot baru yang bisa bermanfaat untuk masa depan. Aamiin~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi ada tempat yang mengakomodasi hobi anak dalam hal robotika seperti di Codero Surabaya ini, mana kelasnya untuk kelas 1 SD hingga usia 18 tahun.

      Delete
  11. Eh tapi keren banget ih kalo anak SD udah belajar dan tertarik robotika yaaa, jadi pengen rekomendasiin juga buat keponakan aku nih yang lagi seneng nyusun lego hihihi,

    ReplyDelete
  12. Belajar robotik sejak dini dapat meningkatkan kreatifitas dan imajinasi anak, bisa sebagai selingan yg menyenangkan baginya agar tidak jenuh dgn belajar. Selain itu ada bermacam pilihan robotika yg sekiranya ramah dan cocok utk usia anak SD

    ReplyDelete
  13. "Mengajak anak berpikir mengikuti logika. Mulai dari perencanaan hingga berwujud dalam hasil akhir." Saya rasa ini poin terpenting dari berlatih robotika. Niscaya, kalau serangkaian hal ini bisa dikuasai baik dengan anak, mereka akan terbiasa bekerja bahkan membuat karya ilmiah dengan runut, rapi, dan berkualitas.

    ReplyDelete
  14. Anak-anak sekarang memang keren-keren. Kesempatan dalam banyak hal terbuka, termasuk belajar robotika. Zaman saya dulu belum ada hehehe. Dan memang banyak manfaatnya ya, Mbak. Jadi anak-anak sebenarnya bermain sambil belajar juga. Terus itu seru merakitnya dari lego.

    ReplyDelete
  15. waw keren, anak-anaknya Mbak Rey belajar coding dan robotika
    Jadi inget sewaktu anak2ku kecil juga saya masukin keterampilan lain seperti berenang, musik dll Andai udah ada coding dan robotika, pasti saya masukin juga deh
    Karena saya yakin, bekal akademis dari sekolah gak cukup
    Anak2 butuh keterampilan lainnya untuk bekal masa depan

    ReplyDelete
  16. Selain anaknya yang belajar, mamahnya juga belajar nih..
    Karena ulasannya lengkap banget dan kagum sama mama Rey saat memadukan aktivitas kaka dan ade yang gasama.
    Supermom, sehat-sehat selaluu..

    ReplyDelete
  17. Masya Allah, keren sekali! Anak kecil yang suka main robot-robotan, diajarin robotika pasti antusias. Siapa tahu jalur suksesnya kelak ada di sini.

    ReplyDelete
  18. Jaman sekarang anak-anak udah ga main gembot ya, mainnya codong dan roboti. Apalagi difasilitasi wadah yg mendukung seperti Codero. Pasti bakat minat anak makin melesat di bidang robotik..

    ReplyDelete
  19. Rey penasaran biayanya 😄😄. Mahal banget ga? Pengen cari tahu dulu klo di jkt lokasinya di mana. Krn kalo jaksel lagi jaksel lahi, aku nyerah. Jauh dan macetnya mau nangis, abis dijalan kesana 🤣. Pengen masukin anak2ku, semoga ada deh di rawamangun atau setidaknya klp gading

    ReplyDelete
  20. Keren banget kakkk! Jadi makin aware ternyata belajar robotika itu banyak bgt manfaatnya. Boleh dong kak di spill harga dan lokasi lainnya

    ReplyDelete