Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Masuk Universitas Indonesia Hingga Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Konten [Tampil]

 tips masuk ui

Bisa masuk berkuliah di Universitas Indonesia atau UI, tentunya merupakan impian hampir semua orang, khususnya di Indonesia. Baik para calon mahasiswa, maupun parents.

Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan ketika menjadi mahasiswa maupun alumni perguruan tinggi favorit ini. Di antaranya, berkaitan dengan karir di masa depan, yang mana lulusan kampus terkenal ini, selalu mendapatkan lebih banyak peluang untuk diterima bekerja di berbagai perusahaan bergengsi.

Tidak dipungkiri, salah satu alasan dalam memilih universitas tempat berkuliah, adalah yang menjanjikan masa depan yang lebih baik. 


Tentang Universitas Indonesia yang Merupakan Perguruan Tinggi Favorit

Universitas Indonesia merupakan kampus dengan konsep yang modern, komprehensif, dengan sistem terbuka, multi budaya, juga humanis dalam mencakup disiplin ilmu yang luas.

Hingga kini, UI selalu berusaha secara simultan menjadi salah satu universitas yang riset atau institusi akademiknya terkemuka di dunia. 

Untuk itu, selalu dilakukan berbagai upaya untuk pencapaian tertinggi, khususnya dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global.

Universitas Indonesia didirikan sejak tanggal 2 Januari 1849, yang awalnya merupakan Sekolah Ilmu Kesehatan dan Vaksin (Opleiding van eleves voor de genees-en helkunde en vaccine). 

universitas indonesia
Source: www.ui.ac.id

Di tanggal 2 Februari 1950 berganti nama menjadi Universiteit Indonesia, yang kemudian berubah lagi menjadi Universitas Indonesia pada tanggal 11 Juli 1955. 

Hingga kini ada 17 Fakultas di kampus favorit ini, di antaranya:

  1. Fakultas Farmasi
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Ilmu Administrasi
  4. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
  5. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
  6. Fakultas Ilmu Keperawatan
  7. Fakultas Ilmu Komputer
  8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  9. Fakultas Kedokteran
  10. Fakultas Kedokteran Gigi
  11. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  12. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
  13. Fakultas Psikologi
  14. Fakultas Teknik
  15. Program Pendidikan Vokasi
  16. Sekolah Ilmu Lingkungan
  17. Sekolah Kajian Stratejik Dan Global

Para calon mahasiswa bisa memilih beberapa pendidikan yang disediakan, di antaranya: 

  • Program vokasi D3 dan D4
  • Sarjana 
  • Sarjana kelas internasional
  • Sarjana dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)
  • Profesi
  • Spesialis
  • Magister dan Doctor

Jadwal penerimaan mahasiswa baru UI biasanya dimulai sejak bulan Februari, dengan beberapa jalur masuk di antaranya: SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) atau SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Test), PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar).

Untuk biaya kuliah beragam, mulai dari 500 ribu untuk UKT 1, dan mahasiswa juga bisa mendapatkan beragam beasiswa yang ditawarkan.


Tips Agar Bisa Bersaing Masuk Universitas Indonesia Hingga Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Sebagai universitas tertua di Indonesia, UI selalu menjadi incaran banyak calon mahasiswa karena kualitas pendidikan serta peluang karir yang lebih luas.

Tak heran setiap tahunnya, ribuan calon maba berjuang untuk bisa menjadi bagian dari mahasiswa berjaket almamater kuning tersebut.

Karenanya butuh persiapan lebih untuk bisa memenangkan persaingan masuk UI, dan sebaiknya dimulai sejak dini.

Untuk itu, Lembaga Bimbel Sinotif berinisiatif memberikan webinar edukatif, 'Tips Masuk UI & Dapat Beasiswa Hingga ke Rusia" bersama Rahma Putri Andita, yang merupakan seorang dosen. 

webinar sinotif tips masuk ui

Sabtu, 3 Agustus 2024 lalu, saya berkesempatan menyimak webinar tersebut.

Putri, panggilan akrab dari ibu dosen tersebut, banyak sharing tentang persiapannya dahulu, sehingga bisa masuk mengenyam pendidikan S1 di Universitas Indonesia.

Dia juga meneruskan kuliah di Lomonosov Moscow State University. Setelah lulus, Putri bisa berkarir di perusahan oil & gas di Jakarta.

Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, ia lalu kembali melanjutkan studi S2 di South Federal University Rusia, melalui program beasiswa Pemerintah Rusia & LPDP. 

Dan saat ini ia mengabdikan ilmunya sebagai dosen di STP Riau.

Berikut beberapa tips masuk UI hingga mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri dari Rahma Putri Andita :


1. Ikut kursus minimal sejak SMA

Penting untuk calon mahasiswa mempersiapkan diri agar bisa memenang persaingan masuk UI sejak dini, paling tidak sejak SMA.

Putri mulai ikut beberapa kursus, sejak duduk di bangku SMA, khususnya kursus bahasa Inggris yang menjadi bekal utama untuk bisa kuliah d luar negeri.


2. Belajar dengan rajin mengulangi semua pelajaran

Belajar yang rajin merupakan syarat mutlak untuk bisa masuk UI, selalu luangkan waktu untuk mengulang kembali semua pelajaran ketika di rumah.

Dengan sering mengulang semua pelajaran, bikin kita semakin mengerti pelajaran tersebut, dan bisa dengan mudah mengerjakan soal-soal test masuk UI.

Lakukan dengan sering, dan sejak jauh hari sebelum waktu test masuk UI.

Memang ya, belajar sudah menjadi syarat mutlak untuk bisa masuk kampus di manapun, terlebih jika mengincar kampus favorit seperti UI.  


3. Pastikan mendapatkan nilai yang tinggi di semua pelajaran sejak SMA 

Untuk memaksimalkan potensi bisa masuk UI, akan lebih baik jika mempersiapkan diri bisa ikut banyak jalur penerimaan mahasiswa baru.

Di antaranya, masuk UI dengan jalur prestasi hingga jalur test.

Dan untuk itu, penting bagi calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan memastikan punya nilai yang tinggi untuk semua pelajaran sejak SMA.


Dalam webinar ini, Putri juga berbagi tentang bagaimana peran parents dalam mendukung anak, agar bisa masuk universitas impiannya, seperti UI hingga mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Dukungan berupa moril dan material parents sangat dibutuhkan, di mana dukungan moril bisa berupa turut memberikan ide, kesempatan dan kepercayaan kepada anak dalam memilih jurusan dan kampus favoritnya. 

Sementara dukungan materil bisa mencakup dalam pemberian dana agar anak bisa mendapatkan akses pembelajaran tambahan misal dengan mengikuti bimbingan belajar seperti SINOTIF.


Tentang SINOTIF

SINOTIF merupakan sebuah bimbingan belajar atau bimbel tatap muka virtual, live & interaktif. Saat ini berfokus untuk 3 pelajaran utama yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia

Di SINOTIF para guru spesialis di bidangnya memberikan bimbingan secara interaktif kepada siswanya. Hal inilah yang menjadikan bimbel ini dikenal sebagai solusi penolong para siswa, khususnya untuk mencapai cita-citanya bisa masuk Universitas Indonesia atau UI.

Lembaga bimbel ini terkenal karena sudah berpengalaman hingga 24 tahun lamanya, sejak awal berdirinya di tanggal 25 Maret 2000.

Ada beberapa keunggulan Bimbel SINOTIF, di antaranya:

  • SPECIALIZED, yang mana di sini para murid akan dibimbing oleh guru-guru yang ahli di bidangnya dan punya sertifikasi khusus.
  • PERSONALIZED, di mana pada bimbel ini, bimbingan yang diberikan lebih fokus pada kebutuhan siswanya. Agar siswa didiknya mendapatkan kebutuhan belajar yang nyaman dan sesuai kebutuhan.
  • SYSTEMIZED, di mana kegiatan belajarnya mudah dan efektif, karena siswa  mendapatkan modul soal yang sistematis, dengan kombinasi gaya belajar linear dan global untuk memudahkan pemahaman konsepnya.
  • LIMITLESS, menghadirkan layanan 24 jam nonstop. Dengan akses website e-learning untuk belajar mandiri dan tanya soal secara instan dengan aplikasi Tanya Jawab Soal, kapan pun, di mana pun.

SINOTIF hadir dengan menawarkan beberapa paket SINOTIF premier yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan siswa dalam mengikuti bimbel, yaitu:

  • Paket Sinotif Premier Diamond, di mana 1 guru hanya mengajar 1 siswa saja, jadi lebih fokus.
  • Paket Sinotif Premier Platinum, di mana 1 guru untuk 3-5 siswa yang belajar secara privat, sehingga guru bisa memberikan materi yang khusus dan sesuai dengan kebutuhan siswa
  • Paket Sinotif Premier Gold, yang mana merupakan paket hemat dengan 1 guru bisa mengajar 1 tingkatan kelas yang berisi 6-15 siswa.
  • Paket Sinotif Premier Silver, merupakan program belajar dengan fasilitas 24 jam. 


Promo SINOTIF

Oh ya, di bulan kemerdekaan RI ke-79 ini, SINOTIF punya penawaran menarik yang wajib dimanfaatkan.

Ada discount hingga 50% PENDAFTARAN, serta FREE Uang Les selama 2 BULAN

Info lengkap WA: 081236458100, atau cek di link bio instagramnya @sinotif.official atau parents dapat melihat di websitenya https://sinotif.com/


Kesimpulan dan Penutup

Untuk dapat bersaing masuk Universitas Indonesia (UI), persiapan sejak dini sangatlah penting. BIsa dengan memulai mengikuti kursus minimal sejak SMA, belajar dengan rajin dan mengulangi semua pelajaran, serta memastikan nilai yang tinggi di semua mata pelajaran. 

Dukungan dari orang tua, baik secara moral maupun material, juga berperan penting dalam membantu calon mahasiswa mencapai tujuannya. 

Salah satu lembaga bimbingan belajar, SINOTIF, menyediakan layanan bimbingan yang dapat membantu siswa dalam persiapan masuk UI dengan berbagai keunggulan, seperti pengajaran yang terfokus dan akses belajar yang mudah.


Surabaya, 04-08-2024

Sumber: 

  • Webinar by Sinotif
  • https://www.ui.ac.id/tentang-ui/ diakses 04-08-2024
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Indonesia diakses 04-08-2024

Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri

13 comments for "Tips Masuk Universitas Indonesia Hingga Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri"

  1. Idaman rakyat se-Indonesia nih bisa berkuliah di sini. Tapi, usahanya juga pantang kendor ya.

    ReplyDelete
  2. Universitas Indonesia memang salah satu favorit. Yang berhasil kuliah di sana, pasti ada kebanggan tersendiri. Makanya saat ada kesempatan tes, berusaha maksimal untuk lolos. Pastinya butuh persiapan juga. Salah satunya ikut bimbingan belajar.

    ReplyDelete
  3. Pentingnya lagi, anak sejak SMP harus sudah tahu minat dan bakatnya ke mana. Padahal SMP-SMA tuh lagi galau-galaunya, engga tahu mau sekolah apa. Seringnya ikut temen, atau gimana ortu aja. Ternyata engga cocok...
    Semoga di SINOTIF ada tes minat & bakat juga yah...

    ReplyDelete
  4. Bener-bener butuh persiapan matang plus strategi jitu untuk bisa masuk ke PTN idaman seperti UI ini. Ikut bimbel jadi salah satu upaya mempersiapkan diri.

    ReplyDelete
  5. Setuju, ikut bimbel sejak kelas 1 sma dan hanya ilmu eksakta seperti sinotif
    Terbukti anak anak saya masuk ITB, malah anak sulung selain lolos ITB teknik sipil juga UI teknik mesin
    Dia pilih ITB karena males jauh dari rumah 😀❤❤

    ReplyDelete
  6. Kalau pengen bisa lolos seleksi untuk kuliah di UI, emang persiapannya mesti jauh-jauh hari, karena saingannya tuh banyak, seluruh Indonesia. Salah satu persiapannya bisa belajar intensif di lembaga bimbingan belajar

    ReplyDelete
  7. Persiapan memang kudu matang dan jauh² hari ya, agar punya kesempatan banyak belajar biar bisa masuk ke kampus impian, terlebih berpeluang juga dapat beasiswa 😍

    ReplyDelete
  8. Sepertinya impian terbesar banget nih.. bisa masuk ke kampus tertua di Indonesia, kampus UI.
    Dengan persiapan yang sungguh-sungguh, semoga ananda bisa menekuni apa yang disukai dan mengambil ilmu dari kampus PTN terbaik di Indonesia.

    ReplyDelete
  9. Sampai saat ini perguruan tinggi negeri seperti Universitas Indonesia masih menjadi tujuan yg di favoritkan. Untuk mempersiapkannya tentu bisa dengan bimbingan belajar seperti Sinotif yg punya program menarik dan cukup interaktif.

    ReplyDelete
  10. Banyak yang ngiler pasti ya anak-anaknya bisa kuliah di UI. Salah satu PTN terpandang di tanah air. Yang masuknya pasti tak mudah.

    Keberadaan tempat kursus persiapan itu sangat membantu, ya. Semoga bagi yang keuangannya pas-pasan tapi berprestasi, bisa ikut mengecap kemudahan tersebut.

    ReplyDelete
  11. Di saat banyak temen2ku yg mati2an belajar utk masuk UI, aku malah dilarang papa waktu itu 😮‍💨. Sbnrnya bukan masalah UI nya, tapi memang ga diizinin kuliah jauh ke Jakarta. Itu lah yg akhirnya bikin aku terdampar ke Malaysia, krn dari segi jarak sangat deket dari medan. Jadi bagi papa bisa sering2 diliatin 🤣

    Tapi nanti kalo anakku udh waktunya kuliah, aku bebasin sih dia mau kuliah di mana. UI atau pun Malaysia juga, aku bakal dukung kok. Yg pasti perencanaan belajarnya memang mesti mateng 👍

    ReplyDelete
  12. Waaaahh tipsnya penting banget buat mahasiswi yg mau menapaki jalur sukses di UI..

    ReplyDelete
  13. Siapa sih yang gak seneng kalau anaknya bisa masuk UI. Kuncinya memang belajar yang rajin dan bisa mennguasai pelajaran dengan baik.

    ReplyDelete