Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Curhat Struggling With Kid, Episode Adik Dayyan Ngompol

Konten [Tampil]

curhat mami struggling

Beberapa hari ini saya memang sedang merasa tidak baik-baik saja, banyak penyebabnya. Dan ketika dihadapkan dengan masalah lama dalam struggling by kid, khususnya Adik Dayyan, rasanya makin menantang. 

Seperti semalam, saya ngamuk malam-malam lantaran si Adik ngompol (lagi), padahal baru sekitar sejam dia tidur.

Masalah ngompol ini memang masih setia menemani struggling saya dengan si Adik Dayyan. Betapa tidak, di usianya yang almost 7 tahun, tapi dia masih saja ngompol ketika tidur dong, hiks.

Kebayang dong bagaimana saya berkutat dengan bau pesing dan najis di ranjang. 

Mungkin parents akan mengatakan atau memberikan nasihat, diajarin gini mom, dibikin begitu mom, di begini begitu mom.

Sejujurnya beberapa cara sudah saya terapkan, misal memberikan sugesti ketika dia tidur, agar kalau kebelet pipis ditahan atau bangun dulu ke toilet minta ditemanin maminya.

Toh saya tidur di dekatnya, mudah saya dia membangunkan saya.

Bukan cuman sugesti, saya juga udah sounding bolak balik, agar kalau kebelet pipis, segera bangun lalu bangunin maminya biar nemanin ke toilet.

Tapi nyatanya, bablas aja ompolnya, huhuhu.

Mungkin ada juga yang menyarankan, sebelum tidur diajak pipis dulu. Sudah!.

Saya bahkan melarang dia minum banyak kalau udah mendekati waktu tidur, kalaupun haus, saya bolehin minum seteguk aja.

Tapi emang sih, kadang saya tuh kan kalau malam masih sibuk menulis di blog atau ngerjain kerjaan untuk menghasilkan uang dari medsos. Kadang, perhatian saya nggak bisa terus fokus, sehingga kecolongan nggak liat si Adik minum banyak ketika mau tidur.

Kadang juga saya tahu, karena si Adik izin minta minum karena haus, dengan alasan abis minum dia bakal pipis dulu sebelum bobo.

Nyatanya abis minum disuruh pipis, belum bisa, alasannya air minumnya belum sampai di pipis katanya (bisaaaa aja si bocah ini!), hahahaha.

Akhirnya dia izin mau nunggu sejenak, nantinya pipis dulu sebelum bobok. Kenyataannya, ya bablas bobok, lupa pipis, tiba-tiba aja udah menggenang ompolnya di tempat tidur, hiks.


Mungkin ada juga yang menyarankan, sering-sering diajak ke toilet pas tidur, maminya yang harus terjaga buat ajak dia ke toilet. Ini tentu saja saya udah lakukan, tapi emang ada satu hal yang menantang banget untuk solusi begini.

Jadi, saya nggak tahu ya kalau anak-anak lain, tapi anak-anak ini, kalau udah bobok, susaaaaaaaaaaaaahhhhh banget dibangunin.

Butuh sekitar 15 menitan hingga lebih sampai dia benar-benar sadar dan mengerti diajak ke toilet. Dulu, ketika dia masih agak kecil, saya yang inisiatif menggendong dia ke toilet, trus di sana diminta pipis, meski nunggu sedikit lama, tapi akhirnya bisa pipis.

Masalahnya adalah, sekarang usianya hampir 7 tahun, berat badannya juga lumayan banget. Dan jangan lupakan, mamak Rey ini boyokan alias prematur jompo, tulang punggung hingga pinggang saya mudah sakit.

Bahkan pernah kena saraf terjepit kan dulunya, saya jadi agak trauma mau angkat yang berat-berat, termasuk menggendong bocah yang usianya bentar lagi 7 tahun ini.

Nah, sementara si bocah ini, kalau dibangunkan susaaahhh banget, maminya sampai kehabisan kesabaran menanti dia tersadar. Apalagi kalau kondisi maminya udah capek dan ngantuk banget, rasanya kesabaran abis menanti si Adik bisa terbangun dengan sadar, terus jalan sendiri ke toilet.

Jadinya kebayang kan, betapa masalah ompol ini masih menjadi struggling saya dalam mengasuh anak-anak.

Mungkin ada yang berpikir, emang nggak dilatih sejak dini?

Udeeehhhh!

Dari usia 2 tahunan kali ya, bahkan sebelumnya udah mulai coba tidur tanpa popok, trus saya pasang alarm untuk bangun ajak dia ke toilet. Ya dulu juga susah banguninnya, tapi karena badannya masih kecil, masih mudah saya angkat dan bawa dia ke toilet. Trus dia pipis sambil merem di toilet, hahaha.

Meskipun memang waktu itu kadang saya lelah banget, apalagi pas lagi nggak enak badan, akhirnya bablas nggak sempat ajak dia ke toilet, lalu kami mandi ompol, hiks.

Sampai akhirnya saya beli sprei yang ada lapisan khusus biar cairan ompolnya nggak tembus ke kasur, tapi kan kalau dia ompolnya setiap hari, pegel juga nyucinya. Mana cuci sprei khusus gitu susah karena lumayan tebal.

Sekarang saya bahkan milih nggak dicuci setiap diompolin, biasanya saya cuman siramkan air pakai cairan cuci piring kayak sunlight atau semacamnya. Terus digosok pakai kain yang benar-benar bisa menyerap cairan. Setelah itu saya kipasin sampai kering sendiri. 

Alhamdulillah nggak terlalu bau pesing sih, tapi seringnya saya bertanya-tanya tentang najisnya, hahaha. Jalan amannya sih, setiap kali mau shalat setelah tidur di situ, ya wajib ganti baju dulu, biar tenang shalatnya.

Emang sih ya, si Adik ini agak berbeda dengan kakaknya.

Dulu kakaknya bahkan sudah lepas popok ketika malam sebelum usianya 2 tahunan. Padahal si Kakak tuh minum susu formula, dan kadang minta minum susu ketika malam. 

Tapi dulu tuh si kakak ya, selama sebelum tidur dia udah pipis, insya Allah sampai pagi aman-aman aja. Lepas popok ketika siang bahkan jauh sebelum lepas popok ketika tidur.

Jadi, masalah per ompol an ini, nggak pernah saya rasakan di si Kakak.

Tapi nih ya, gara-gara ini saya jadi makin paham, bahwa sejatinya setiap anak itu berbeda, punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Si Adik memang punya masalah yang bikin maminya struggling banget, yaitu masih ngompol ketika tidur di usia hampir 7 tahunan. Tapi untuk masalah daya tahan tubuh, si Adik lebih kuat, dia juga nggak picky eater dibanding kakaknya. Makanan apa aja yang saya masak, selama enggak ada rasa pedasnya, pasti di makan.

Sayuran yang nggak enak pun, dimakan, hahaha.

Beda banget sama kakaknya, yang ketika kecil sampai usia 7 tahunan kali ya dulu, dia tuh makannya cuman nasi goreng, sate, bakso, and repeat

Tetap ada asupan sayur, tapi harus banget maknya melotot baru dia maksa makan, itupun makannya sedikit.

Jadi ya, seorang ibu pasti mengalami struggling dengan masing-masing anak-anaknya, meskipun bentuk perjuangannya berbeda-beda.

Yang perlu disikapi adalah, bagaimana memahami hal tersebut, kalau anak juga manusia. Bahwa si Adik juga manusia yang masih kesulitan mengontrol rasa kencingnya ketika tidur.

Dan maminya harus tetap semangat membersamai si Adik sampai bisa benar-benar menyadari ketika tidur ya harus nahan pipis, kalau mau pipis ya bangun dulu ke toilet.

Hingga saat ini, yang bisa saya lakukan adalah menyikapi persiapan si Adik ketika hendak tidur. Salah satunya melarangnya minum terlalu banyak. Kasian juga sih, karena kadang dia suka kehausan pas tidur. Tapi anehnya, kalau haus dia bisa bangun dan sadar mencari minum. 

Giliran dibangunin buat ke toilet, tergerus semua kesabaran maknya, melihat si Adik yang nggak sadar-sadar. Malah kadang kalau dikerasin, eh dia muter aja di kasur, trus buka celana mau pipis di atas kasur, astagaaahhh, hahaha. 

Ya begitulah curhatan MamiRey tentang struggling-nya atas perilaku ngompol si Adik, semoga abis ini si Adik sudah mampu mengontrol pipisnya. Setidaknya bisa dengan sadar bangun dan ke toilet jika kebelet pipis saat tidur.  


Surabaya, 06-09-2024

Post a Comment for "Curhat Struggling With Kid, Episode Adik Dayyan Ngompol"