Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Kurikulum Cambridge, Ini Manfaat dan Kelebihannya

Konten [Tampil]

mengenal kurikulum cambridge

Kurikulum Cambridge akhir-akhir ini sering menjadi pembahasan para new mom di media sosial. Dewasa ini memang banyak parents yang lebih concern terhadap pendidikan anaknya.

Banyak yang berlomba-lomba memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya, mengingat betapa luar biasanya persaingan di masa kini.

Kurikulum Cambridge sendiri merupakan kurikulum internasional yang telah banyak diadaptasi oleh beberapa sekolah di Indonesia. Dan kurikulum ini menyediakan berbagai program pendidikan mulai dari early years hingga Cambridge International A levels.


Webinar 'All You Need to Know About Cambridge for Primary Schoolers' Bersama Sinotif

Menfasilitasi kebutuhan parents yang ingin tahu lebih jelas tentang apa itu Kurikulum Cambridge, SINOTIF sebagai lembaga bimbel terkenal di Indonesia, mengadakan webinar untuk membahas lebih jelas tentang kurikulum tersebut.

webinar sinotif kurikulum cambridge

Sabtu 31 Agustus 2024 kemarin, saya berkesempatan menyimak webinar dengan tema 'All You Need to Know About Cambridge for Primary Schoolers'. Bersama Miss Jenita Nelmawaty S.Psi selaku Primary Principal di Stella Maris Gading Serpong, saya dan beberapa parents jadi dapat banyak ilmu tentang Kurikulum Cambridge.

Selama kurang lebih 1 jam Miss Jenita menjelaskan tentang apa itu Kurikulum Cambridge yang memang sudah diterapkan di Stella Maris. Termasuk apa aja manfaat dan kelebihannya buat anak-anak.

Miss Jenita juga menjawab beberapa pertanyaan dari peserta webinar, salah satunya pertanyaan saya,

"Bagaimana mengejar ketertinggalan, jika anak sudah terlanjur sekolah SD pakai kurikulum nasional, lalu SMP masuk sekolah dengan Kurikulum Cambridge?"

Menurut Miss Jenita, parents tidak perlu galau dengan masalah tersebut, karena sebenarnya anak-anak tuh cerdas dan fast learning, jadi mereka bisa beradaptasi dengan cepat dengan kurikulum tersebut.

Selain itu, parents juga bisa mendukung anak untuk bisa beradaptasi cepat, misal dengan memberikan les tambahan di luar sekolah, salah satunya di SINOTIF.

Oh ya, ada yang masih ingat dengan SINOTIF?. Saya beberapa kali membahasnya di beberapa tulisan sebelumnya, salah satunya di artikel tips masuk Universitas Indonesia hingga sapat beasiswa luar negeri

Jadi, SINOTIF adalah bimbingan belajar atau bimbel tatap muka virtual, live dan interaktif yang fokus pada 3 pelajaran eksakta, yaitu matematika, fisika dan kimia

Ada 5 alasan utama mengapa parents harus memilih SINOTIF:

  1. Agar parents lebih tenang dan siswa bebas stres. Daripada ngajarin anak sendiri dan bikin stres mending serahkan ke ahli dan spesialis di bidangnya.
  2. Guru di SINOTIF fulltime dan spesialis. Jadi nggak ada risiko ganti guru lalu cara ngajarnya membingungkan siswa, apalagi gurunya selalu ditraining dan bisa juga pantau perkembangan siswa.
  3. Pengajaran personalized, yaitu menyesuaikan kebutuhan dan standar sekolah siswa, serta memperhatikan juga karakter siswa. 
  4. Bisa belajar dari rumah dengan tatap muka online live interactive. Sehingga siswa lebih nyaman belajar dari rumah, bisa hemat waktu maupun tenaga.
  5. SINOTIF berpengalaman 24 tahun spesialis di bidang matematika, fisika dan kimia.


Mengenal Kurikulum Cambridge

Kurikulum Cambridge adalah kurikulum yang diperkenalkan oleh Cambridge Assessment International Education, yang merupakan penyedia kurikulum dengan kualifikasi internasional dan diakui secara global. 

Adapun kurikulum cambridge merupakan kurikulum pendidikan yang fokus memberikan siswa keterampilan dengan memaksimalkan potensi anak. Di mana keterampilan tersebut akan mereka butuhkan dalam hidup, juga membantu siswa mencapai prestasi di sekolah, universitas, maupun pekerjaan.

Sejarah Kurikulum Cambridge dimulai sejak pertengahan abad ke-19 dengan pendirian University of Cambridge Examination (CIE) Syndicate pada tahun 1858.

Hingga saat ini lebih dari 10.000 sekolah telah menjadi bagian dari komunitas pembelajaran Kurikulum Cambridge. Mereka beroperasi di 160 negara di 9 wilayah: Amerika Utara, Amerika Latin, Inggris & Eropa, Afrika Sub-Sahara, Timur Tengah & Afrika Utara, Asia Selatan, Asia Timur, dan Asia Tenggara & Pasifik. Salah satunya di Indonesia.

Kurikulum ini memberikan Cambridge Pathway yang diperuntukan bagi siswa yang berusia 5 hingga 19 tahun. Di antaranya :  

  • Early Years: 3-5 tahun
  • Cambridge Primary: 5-11 tahun
  • Cambridge Lower Secondary: 11-14 tahun
  • Cambridge Upper Secondary: 14-16 tahun
  • Cambridge International Advanced Level Qualification: 16-19 tahun

cambridge pathway


Kurikulum Cambridge memberikan pendidikan yang luas dan seimbang dengan penekanan yang kuat pada keterampilan literasi, numerisasi, sains dan berpikir kritis pada siswa. Sehingga dengan ini diharapkan siswa bisa mempunyai dasar yang kokoh untuk pembelajaran di masa depan.


Sekilas tentang Cambridge Primary

Dalam setiap tahapan kurikulum ini diberikan Cambridge Primary Checkpoint yaitu serangkaian penilaian untuk digunakan pada tahun terakhir pendidikan, termasuk untuk level Cambridge Primary.

apa itu kurikulum cambridge

Hal ini memungkinkan sekolah memperoleh tolok ukur internasional mengenai kinerja siswa untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pembelajaran.

Dan juga bertujuan untuk :

  • Untuk membantu pelajar memahami lebih banyak tentang kekuatan dan kelemahan mereka dalam mata pelajaran ini di akhir Sekolah Dasar Cambridge dan sebelum pendidikan menengah.
  • Untuk membantu guru, orang tua dan peserta didik mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, yang kemudian dapat menjadi dasar perencanaan tindakan kooperatif.
  • Untuk memungkinkan guru dan sekolah membantu peserta didik memanfaatkan peluang pendidikan mereka sebaik-baiknya

Selain itu, Cambridge Primary Checkpoint juga membantu untuk mengukur potensi siswa, memantau kemajuannya, memberikan umpan balik hingga memeriksa pencapaian siswa.

Secara garis besarnya, kurikulum cambridge fokus membentuk anak untuk dapat berpikir kritis, dengan cara melatih anak untuk menerima, mengumpulkan dan menganalisis informasi secara efektif.

Adapun tahapannya seperti berikut:

  • Mengidentifikasi hubungan antar ide.
  • Menganalisis dan mengevaluasi argumen.
  • Mengidentifikasi pola dan hubungan.
  • Memisahkan apa yang penting dari apa yang tidak relevan dalam sebuah diskusi.
  • Mengidentifikasi kesenjangan dalam penalaran.

Dan dari tahapan tersebut akan siswa akan belajar membentuk argumen, memecahkan masalah, atau mencapai kesimpulan.


Keunggulan Kurikulum Cambridge 

Berikut beberapa kelebihan atau keunggulan kurikulum cambridge bagi siswa, di antaranya:

keunggulan kurikulum cambridge


1. Lebih fleksibel

Kurikulum cambridge diterapkan secara lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan siswa yang beragam dan menjadikannya serba guna serta inklusif. Bukan hanya itu, kurikulum ini juga mudah didaptasi dalam berbagai peraturan pendidikan.


2. Tahapan kurikulum belajar sejak usia dini

Kurikulum Cambridge diberikan sejak usia dini, hal ini dilakukan untuk bisa memaksimalkan potensi anak sejak dini dengan memberikannya pendidikan yang terbaik.


3. Melatih anak berpikir lebih kritis

Dengan kurikulum Cambridge, anak-anak akan diajarkan untuk bisa berpikir lebih kritis. Jadi bukan hanya semata hasil pelajarannya, tapi bagaimana proses belajarnya.

Anak-anak akan diajarkan bukan hanya menghafal jawaban dari sebuah pertanyaan, tapi bisa mengetahui alasan mengapa jawabannya seperti itu.


4. Diakui secara global

Para siswa yang lulus dari sekolah dengan penerapan kurikulum Cambridge, akan mendapatkan sertifikat kelulusan yang disebut Cambridge International A Levels certificate. Sertifikat internasional ini berlaku dan diakui di berbagai belahan dunia. 

Sehingga siswa yang menggunakan kurikulum cambridge punya kesempatan yang lebih luas untuk memilih akan berkuliah di mana saja.


Kesimpulan dan Penutup

Kurikulum Cambridge menawarkan solusi pendidikan yang komprehensif dan diakui secara global, yang dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan kritis sejak dini. Dengan fleksibilitas yang memungkinkan penyesuaian dengan kebutuhan dan minat siswa, kurikulum ini memberikan pendekatan pendidikan yang lebih personal dan inklusif. 

Webinar yang diselenggarakan oleh SINOTIF memberikan wawasan yang mendalam kepada parents mengenai manfaat dan penerapan Kurikulum Cambridge, serta bagaimana mereka dapat mendukung anak-anak dalam menyesuaikan diri dengan kurikulum ini.

Secara keseluruhan, Kurikulum Cambridge memberikan fondasi yang kuat bagi siswa untuk berkembang secara akademis dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan, baik di dunia pendidikan maupun karier. 

Dengan semakin banyak sekolah di Indonesia yang mengadopsi kurikulum cambridge ini salah satunya adalah Stella Maris, para orang tua memiliki pilihan yang lebih luas untuk memastikan pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka.


Surabaya, 01 September 2024

Sumber: 

  • Webinar All You Need to Know About Cambridge for Primary Schoolers Bersama Sinotif
  • https://www.cambridgeinternational.org/ diakses 01-09-2024

Gambar: Canva edit by Rey, dokpri, https://www.cambridgeinternational.org/

3 comments for "Mengenal Kurikulum Cambridge, Ini Manfaat dan Kelebihannya"

  1. Kurikulum cambridge ini makin banyak diadaptasi di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia ya.

    ReplyDelete
  2. Baru aja kemarin ngomongin tentang kurikulum cambridge ini sama kakak ipar, anak-anaknya semua sekolah di swasta yang pakai kurikulum ini, katanya memang lebih bagus ya, diakui di seluruh dunia

    ReplyDelete
  3. Terkadang pengen sih masukin anak ke sekolah yg kurikulumnya international begini. Tp aku tahu biayanya juga ga murah 😅. Itu yg bikin maju mundur. Tp emang kurikulum begini lbh bisa membiasakan anak utk lebih kritis dan fokus ama problem solving. Semogakan ada rezeki lebih buat bisa sekolahin mereka nantinya di tempat yg memakai kurikulum international begini

    ReplyDelete