Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Tinggal Di Apartemen Bersama Anak Agar Aman dan Nyaman

Konten [Tampil]

 tips tinggal di apartemen bersama anak


Sabtu lalu saya berkesempatan visit unit rekomendasi apartemen di Surabaya, Klaska Residence yang berada di jalan Jagir Wonokromo Surabaya.

Melihat kondisi unitnya, saya jadi membayangkan ternyata ada seharusnya ada tips khusus tinggal di apartemen bersama anak, agar aman dan nyaman.

Biar gimanapun, kondisi dan kehidupan di apartemen itu berbeda dengan hunian yang berada di kawasan perkampungan atau perumahan.

Dari segi luas tipe unit, letak ruangan yang berada di ketinggian, kenyamanan penghuni lain, serta fasilitas bersama yang bebas dipakai oleh semua penghuni.

Rasa-rasanya, hal tersebut menjadi sebuah hal yang sangat berbeda dan membutuhkan satu tips tertentu agar anak bisa tetap aman dan nyaman.    

 

Tips Tinggal Di Apartemen Bersama Anak Kecil

Berikut beberapa tips penting yang bisa diterapkan jika hendak tinggal di apartemen bersama anak, di antaranya: 

tips tinggal di apartemen bersama anak agar aman


1. Pilih apartemen dengan kualitas dinding kedap suara

Setiap unit di apartemen hanya dipisahkan oleh sebuah dinding dari unit milik penghuni lainnya, sehingga suara kita akan mudah terdengar oleh tetangga.

Apalagi kalau punya anak kecil tuh, suaranya masya Allah. Apalagi yang anaknya lebih dari satu dan masih usia balita hingga kid. Kalau udah berantem, mantap banget dah suara jejeritannya, hahaha.

Kalau nggak pengen tetangga merasa terganggu dan lapor ke pengelola, sebaiknya pastikan memilih unit apartemen yang dindingnya lebih bisa meredam suara. Agar suara anak tidak akan sering-sering mengganggu tetangga.


2. Pilih apartemen tipe minimal 1 atau 2 bedroom atau tipe family

Kekurangan tinggal di apartemen itu, kebanyakan ruangannya kecil, apalagi kalau kita mencari apartemen dengan harga yang terjangkau. Rata-rata ukuran yang ditawarkan sangat tidak lega.

Karenanya, pastikan memilih unit apartemen dengan minimal 1 atau 2 bedroom, atau lebih baik lagi kalau memilih tipe family room.


3. Perhatikan area berbahaya, khususnya balkon atau jendela

Tinggal di apartemen itu akan lebih menarik jika memilih unit di lantai yang tinggi, karena bisa menikmati pemandangan yang lebih luas.

Akan tetapi, hal ini juga bisa mendatangkan hal berbahaya buat anak-anak. Kebanyakan anak-anak di usia balita hingga kid, paling suka manjat-manjat. Kebayang nggak sih kalau mereka manjat di jendela ataupun di balkon.

Karenanya, pastikan untuk selalu menutup akses yang berhubungan dengan area berbahaya. Misal, selalu mengunci pintu yang menuju area balkon. Memilih apartemen yang jendelanya tidak terlalu rendah sehingga berdampak membahayakan anak-anak. 


4. Pilih apartemen dengan area kids pool maupun playground

Dengan luas unit apartemen yang terkesan mungil, seringnya menjadi masalah bagi anak-anak yang lebih suka bergerak bebas.

Karenanya, pastikan memilih apartemen yang menyediakan area buat anak-anak, seperti kolam renang anak atau kids pool, hingga playground.

Jadi, ketika anak bosan di dalam unit, mereka bisa bermain di playground ataupun berenang di kolam renang anak.


5. Sounding ke anak agar menjaga sikap ketika di area umum

Dan yang nggak kalah penting adalah, jangan bosan untuk terus memberikan sounding kepada anak untuk banyak hal.

Mulai dari menjaga sikap ketika berada di area umum, tidak boleh berteriak dan lari-larian di lorong atau lift, tidak boleh terlalu berisik di dalam unit.

Dan juga menjaga kebersihan dan ketertiban ketika berada di fasilitas umum. 


Rekomendasi 5 Apartemen Ramah Anak dan Terjangkau di Surabaya

Di Surabaya, sekarang makin banyak bermunculan gedung pencakar langit yang dijadikan bangunan apartemen. 

Semakin mahalnya harga properti atau rumah di Surabaya, dan semakin menghilangnya lahan kosong. Membuat banyak pengembang yang memutuskan untuk membangun apartemen.

Nggak melulu yang hanya bisa ditinggalin oleh orang-orang berduit, yang target market-nya masyarakat menengah juga mulai banyak ditawarkan.

Berikut, rekomendasi 5 apartemen yang ramah anak dan harganya masih terjangkau, di Surabaya: 


1. Apartemen Klaska Residence

Klaska Residence merupakan apartemen yang dibangun oleh Sinar Mas Land. Terletak di jalan Jagir Wnokromo nomor 100 Surabaya, hunian vertikal ini hadir dengan konsep apartemen minimalis dengan fasilitas premium.

klaska residence

Fasilitasnya yang beragam, terdapat di antaranya kids playground serta kids pool dan lainnya, menjadikan apartemen ini merupakan salah satu apartemen yang ramah anak, serta harganya masih masuk akal dan terjangkau. 


2. Apartemen Grand Dharmahusada Lagoon

Apartemen yang cocok untuk ditinggalin bersama anak berikutnya adalah Grand Dharmahusada Lagoon. Terletak di Grand Dharmahusada, Jl. Raya Mulyosari, Mulyorejo, Surabaya. 

Apartemen ini terkenal dengan hunian yang ramah anak, karena unitnya lumayan luas, dan ada beberapa fasilitas buat anak, di antaranya ada taman yang luas dengan area bermain anak, area mini golf dan tentu saja kolam renang.  


3. Apartemen Puncak Kertajaya

Salah satu hunian apartemen yang murah di Surabaya dan ramah untuk anak adalah Puncak Kertajaya. Hunian ini sebenarnya diperuntukan buat para mahasiswa ITS maupun Unair kampus C. Karena letaknya yang sangat dekat dari kampus ITS.

Tapi, karena harganya yang ekonomis, serta fasilitas playground dan kolam renang anak yang menjadi daya tarik bagi banyak keluarga dengan anak tinggal di sini.

Meski terbilang sederhana, tapi kamar-kamar di unit apartemen Puncak Kertajaya ini lumayan nyaman dan bisa meredam suara dari luar maupun dalam unit.


4. Apartemen Puncak Dharmahusada

Hampir sama dengan apartemen puncak Kertajaya, Puncak Dharmahusada juga merupakan salah satu apartemen yang ekonomis dan terletak dekat dengan kampus C Unair.

Fasilitas playground-nya serta kolam renang anaknya juga mirip dengan Puncak Kertajaya, maklum keduanya merupakan produk dalam satu pengembang yaitu Group Puncak.


5. Apartemen Dian Regency

Apartemen Dian Regency merupakan salah satu properti yang dikembangkan oleh DR Property. Salah satu daya tarik apartemen ini, selain harganya yang ekonomis, kolam renangnya dilengkapi dengan berbagai permainan yang sangat disukai anak-anak.

Hanya saja, kolam renangnya selalu ramai karena dibuka untuk umum. Namun untuk fasilitas lainnya, seperti kids playground selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak penghuni di apartemen ini. 


Kesimpulan dan Penutup

Tinggal di apartemen bersama anak-anak memerlukan perhatian khusus agar tetap aman dan nyaman. Dari pemilihan unit yang memiliki dinding kedap suara hingga tips untuk mengamankan area berbahaya seperti balkon dan jendela.

Semuanya menjadi penting agar kehidupan di apartemen dapat berjalan lebih harmonis. Selain itu, apartemen yang menyediakan fasilitas ramah anak seperti kolam renang dan playground sangat membantu anak-anak untuk tetap aktif dan bahagia. 

Dengan langkah-langkah yang tepat, tinggal di apartemen bersama keluarga dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan tanpa harus mengorbankan kenyamanan atau keamanan.

Memilih apartemen yang cocok untuk keluarga, khususnya yang ramah anak, adalah langkah penting untuk menciptakan lingkungan hunian yang ideal. 

Dengan memperhatikan berbagai tips di atas, serta mempertimbangkan rekomendasi apartemen di Surabaya, misalnya yang terjangkau dan ramah anak, kita dapat menemukan hunian yang nyaman dan aman bagi seluruh keluarga


Surabaya, 09-09-2024

Post a Comment for "Tips Tinggal Di Apartemen Bersama Anak Agar Aman dan Nyaman"