Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-Hal Yang Dipelajari Anak Dalam Kelas Robotic di CODERO Surabaya

Konten [Tampil]

kelas robotic codero
"Anak-anak ngapain aja sih di kelas robotic itu?"

Seorang mom bertanya kepada saya, ketika melihat WA story tentang adik Dayyan yang sibuk merakit robot di CODERO Surabaya.

Sudah 3 bulan anak-anak mengikuti kelas robotic untuk si Adik, dan kelas coding untuk si kakak.

Sejauh ini, keduanya masih happy-happy aja mengikuti kelasnya.

Bahkan si Adik, rela tetap datang saat jadwal kelasnya meski kondisinya sedang tidak fit. Dia selalu kangen dan excited dengan kegiatan merakit robot dari lego yang dipandu oleh miss Maris di CODERO Surabaya.

Btw, kelas robotic untuk anak ini memang belum sepenuhnya meluas di kalangan masyarakat. Meskipun saat ini sudah banyak yang mengenalkan kegiatan ini untuk anak, tapi ternyata masih belum menjangkau lebih banyak masyarakat.

Kalau dilihat-lihat dari pertanyaaan yang sering saya dapatkan dari beberapa orang teman, masalahnya adalah belum banyak yang mengerti dengan jelas, tentang kegiatan kelas robotic tersebut.

Mungkin kebanyakan parents mengira kegiatan kelas robotic tersebut adalah anak-anak diharuskan membuat robot canggih seperti yang di film-film.

Bisa jadi sih, tapi nanti, hahaha.

Kenyataannya, kelas robotic yang diberikan tentunya disesuaikan dengan usia anak, sehingga mereka lebih mudah memahami robotic dengan menyenangkan.

Untuk Adik Dayyan karena usianya baru aja memasuki 7 tahun, maka dia direkomendasikan kelas robotic Lego.


Tingkatan Pembelajaran Robotic untuk Anak

tingkatan pembelajaran robotic untuk anak

Dalam belajar robotic, ada tingkatan tersendiri yang disesuaikan dengan usia anak, yaitu:

  • Untuk tahap awal, anak-anak akan diarahkan untuk menggunakan brick lego dengan berbagai bentuk dan warna. Brick lego tersebut lalu ditempelkan pada sebuah plate lalu bisa dibentuk menjadi apa pun sesuai tema pelatihan.
  • Di tahap berikutnya, anak mulai mempelajari prinsip mekanika sederhana menggunakan buku panduan.
  • Selanjutnya di tingkat yang lebih tinggi, anak akan diberi materi pembelajaran membangun dan memprogram model sederhana dengan software komputer.
  • Kemudian di tingkat advance, anak akan diajari membuat proyek mekanik yang bisa bergerak dengan tenaga motor.


Apa Saja yang Dipelajari Anak Di Kelas Robotic CODERO Surabaya? 

Untuk si Adik Dayyan, awalnya memang diperkenalkan dengan robot sederhana yang bernama Tale Bot. Namun karena si Adik sudah cepat memahami cara kerjanya, jadinya dia diarahkan untuk membangun robot dari lego dan membuat programnya agar bisa bergerak sesuai petunjuk.

Berikut urutan kegiatan si Adik Dayyan dalam mengikuti kegiatan kelas robotic di CODERO Surabaya:


1. Merakit robot dari lego

Pertama-tama si Adik akan diberikan tema pembelajaran untuk sesi tersebut. Setiap sesi, robot yang dibuat berbeda-beda, misal ada robot kumbang, robot lampu lalu lintas, dan lainnya.

tingkatan pembelajaran robotic untuk anak

Dengan mengikuti panduan yang ada, serta dibimbing oleh salah satu teacher CODERO yang ramah dan sabar, adik Dayyan mulai merakit robot dengan menggunakan lego.

Btw, bentuk robotnya juga beragam ya, dimulai dari bentuk yang sederhana. Semakin lama, bentuknya semakin menantang, dan si Adik mulai merasakan tantangan tersebut setelah memasuki bulan ke-3.

Tapi menariknya, si Adik tetap semangat mengerjakan robotnya, dia tidak menyerah bahkan makin terpacu untuk bisa menyelesaikan robotnya.

Begitulah salah satu manfaat anak belajar robotic, di mana mereka akan terbiasa untuk berpikir kreatif dan tak mudah menyerah. 


2. Membuat program dengan coding sederhana agar robot bergerak

Setelah robotnya jadi, maka berikutnya si Adik akan membuat program dengan coding sederhana yang berfungsi untuk menggerakan robot sesuai yang diinginkan.

memprogram robotic

Dengan dibimbing oleh teacher miss Maris, si Adik kemudian berhasil membuat programnya, dan siap dihubungkan dengan komponen robot lego yang telah diprogram sebelumnya.

Jadi, menariknya ikut kelas robotic ini, anak nggak semata diajarin bagaimana membuat atau merakit sebuat robot, tapi juga belajar membuat programnya sendiri. 


3. Menjalankan robot 

Setelah programnya jadi, kemudian dihubungkan ke robot yang ada dengan menggunakan koneksi bluotooth atau semacamnya.

menjalankan robot

Jika berhasil, maka robot bisa bergerak sesuai dengan instruksi programnya. Jadi, si Adik Dayyan menggerakan robotnya dengan menggunakan programnya di aplikasi pada gadget tablet atau semacamnya. 

Sederhana sih, tapi justru ini yang paling menyenangkan buat anak-anak. Khususnya si Adik yang memang suka banget merakit lego atau semacamnya, dan juga pas banget dia suka belajar coding sederhana pakai stracth di rumah.


Kesimpulan dan Penutup

Kelas robotic untuk anak yang diikuti oleh adik Dayyan di CODERO Surabaya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan menantang baginya. Di mana anak-anak tidak hanya diajarkan untuk merakit robot dari lego, tetapi juga diperkenalkan dengan konsep dasar mekanika serta pemrograman sederhana. 

Tahapan pembelajaran yang disesuaikan dengan usia membuat anak-anak dapat memahami materi dengan lebih mudah dan tetap tertarik untuk belajar lebih lanjut.

Melalui kegiatan ini, anak-anak bisa mengasah kreativitas, ketekunan, serta kemampuan problem solving. Mereka juga belajar untuk tidak mudah menyerah saat menghadapi tantangan dalam menyelesaikan proyek-proyek robotic. 

Kelas ini menawarkan kombinasi pembelajaran yang menarik, mulai dari merakit hingga memprogram robot, yang membuat anak semakin bersemangat untuk terus belajar dan berinovasi.

Kegiatan robotic untuk anak, mungkin belum begitu populer di masyarakat luas, tapi memiliki manfaat yang besar dalam pengembangan kemampuan anak. Selain merangsang kreativitas, anak juga belajar berpikir logis dan sistematis melalui kegiatan ini. 

Jika parents mencari aktivitas bermanfaat untuk anak yang bisa mengembangkan keterampilan abad ke-21, kelas robotic seperti yang ada di CODERO Surabaya bisa menjadi pilihan yang tepat.


Surabaya, 24-10-2024

Sumber:

  • Pengalaman pribadi
  • https://parenting.co.id/usia-sekolah/ini-yang-dipelajari-anak-di-kursus-robotik diakses 24-10-2024
Gambar: Canva edit by Rey & dokpri

4 comments for "Hal-Hal Yang Dipelajari Anak Dalam Kelas Robotic di CODERO Surabaya"

  1. Codero ini yang ada di ruko-ruko belakang Bumi Araya itu ya mbk?

    ReplyDelete
  2. Aku pengen daftarin anakku, dia suka main game sampai mau kecanduan bikin gedek ibunya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, saya juga ga suka anak kelamaan main game.
      Jadinya screen time mereka diganti mainin coding 😅

      Delete