Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tak Selalu Negatif, Ini 7 Manfaat Positif Anak Bermain Game Online

Konten [Tampil]

manfaat positif anak bermain game online

Anak bermain game online biasanya identik dengan dampak negatif yang seringnya menjadikan banyak parents zaman now khawatir karenanya.

Tapi, tau nggak sih, kalau ternyata ada loh manfaat positif dari anak bermain game online di gadget.

Memang ya, apapun di dunia ini selalu ada sisi positif dan negatifnya, karenanya dibutuhkan kebijaksanaan dalam menjalaninya. Termasuk membiarkan atau membolehkan anak bermain game.

Dan saya merupakan salah satu parents yang masih memberikan kesempatan anak-anak untuk itu, meskipun dengan waktu yang terbatas.


Game Online di Gadget dan Generasi Alpha

Tidak bisa dipungkiri ya, di zaman sekarang yang namanya gadget itu sulit dipisahkan dari anak-anak, terutama untuk anak generasi alpha.

Anak generasi alpha adalah anak-anak yang lahir di rentang tahun 2010-2025, mereka lahir dalam era teknologi yang sudah canggih.

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang baru mengenal teknologi setelah usianya beranjak remaja bahkan dewasa, anak-anak gen Alpha justru sejak bayi sudah berdampingan dengan teknologi.

anak generasi alpha dan teknologi

Karenanya, sangat sulit untuk bisa memisahkan mereka dengan gadget. Yang bisa dilakukan adalah bagaimana parents bisa mendampingi anak-anak agar tidak sampai terpapar pengaruh buruk gadget, salah satunya game online

Lalu, apakah dengan melarang anak bermain game online?. Tentu saja tidak ya.

Game online saat ini memang beragam ya, di antaranya bahkan ada yang kurang baik buat anak-anak. Tapi, game online edukatif yang punya manfaat positif buat anak juga banyak loh. 


7 Manfaat Positif Anak Bermain Game Online 

Bermain game online itu menyenangkan, jangankan anak-anak, orang dewasa juga suka bermain hal tersebut.

Pada anak, kegiatan main game online itu punya beberapa manfaat positif, di antaranya:

manfaat anak main game online

 

1. Untuk memperkenalkan teknologi

Ini salah satu alasan mengapa saya membolehkan anak-anak memakai gadget, dan lebih merekomendasikan main game online ketimbang nonton YouTube misalnya.

Karena, mereka bisa mengenal teknologi dari kegiatan itu. Misal, bermain game online di laptop atau komputer, anak-anak akan belajar bagaimana sih cara menyalakan laptop dengan benar?.

Bagaimana juga cara mematikannya dengan benar, menggunakan keyboard dan mouse, serta mengenal perangkatnya.

Ketika laptop atau komputer bermasalah misalnya, anak-anak juga akan mencari tahu dengan sendirinya, gimana cara agar laptopnya kembali membaik.

Hal-hal seperti ini akan bermanfaat bagi mereka di masa mendatang, karena dunia sekarang sangat erat hubungannya dengan kemajuan teknologi. 


2. Dapat melatih otak dan mental anak

Main game online itu menyenangkan, bisa jadi menyegarkan pikiran atau refreshing yang tentunya akan membuat mental lebih terjaga. 

Selain itu, bisa juga sebagai sarana untuk melatih otak.

Seperti yang kita ketahui, anak-anak pastinya butuh keterampilan dan cara berpikir yang baik, agar bisa memenangkan permainan tersebut. Sehingga secara tidak langsung anak-anak bisa belajar beberapa keterampilan, di antaranya:

  • Bisa belajar memecahkan sebuah masalah dengan logikanya secara cepat.
  • Kemampuan mengikuti instruksi yang ada serta membuat rencananya.
  • Kemampuan berpikir secara cepat, membuat analisa, dan mengambil keputusan secara cepat.
  • Kemampuan membentuk strategi dan antisipasi.
  • Memperkuat memori dan konsentrasi anak.
  • Kemampuan untuk berani mengambil sebuah risiko, termasuk melatih diri terhadap cara menghadapi tantangan.
  • Dapat melatih koordinasi tangan, mata dan motorik halus serta kemampuan spasial anak.


3. Dapat meningkatkan kepercayaan diri

Ketika bermain game online, anak-anak bertanggung jawab untuk mengambil keputusannya sendiri, tanpa bergantung di orang lain. Misal, mau klik yang mana biar bisa menang, itu semua anak yang putuskan dengan cepat.

Hal ini akan membentuk dan meningkatkan rasa percaya diri anak dalam mengambil sebuah keputusan yang terbaik untuknya. 


4. Mengasah kreativitas

Dalam bermain game online, anak-anak dituntut untuk berpikir cepat dan tepat, karena hampir semua game yang dimainkan ada batasan waktu yang tidak boleh terlewati jika ingin menang.

Karenanya, anak-anak terlatih dalam mencari jawaban serta jalan keluar yang tepat untuk tantangan game tersebut. Sehingga hal ini merangsang otaknya terbiasa berpikir cepat dan tepat dan membuatnya semakin terasah kreativitasnya.


5. Dapat menambah pengetahuan baru anak

Di zaman sekarang, ada begitu banyak jenis game online yang bisa dimainkan oleh anak-anak, dan banyak juga yang berfungsi untuk menambah pengetahuan anak. 

Misal, ketika bermain game tentang uang, anak-anak akan belajar cara manajemen uang, cara menghasilkan uang dan lainnya.

Demikian pula game lainnya yang ada hubungannya dengan sejarah dunia, hingga benda-benda luar angkasa yang mungkin belum pernah anak-anak ketahui sebelumnya.


6. Bisa melatih pengendalian emosi anak

Banyaknya tantangan yang ada di game online, seringnya menjadikan anak untuk belajar bersabar ketika belum bisa menang. Anak-anak juga belajar untuk lebih tenang dan tidak panik serta cemas dalam menghadapi tantangan dalam game


7. Sebagai sarana belajar

Saat ini banyak loh game online yang bisa dijadikan sarana belajar anak, misal belajar matematika dalam game yang melibatkan angka-angka.

Game seperti ini seolah mengajak anak belajar sesuatu dengan cara yang sangat menyenangkan, karena sambil bermain game.


Tips Membersamai Anak Bermain Game Online

Meski manfaat positif buat anak dalam bermain gadget itu banyak, tapi ada pula dampak negatifnya yang bisa terjadi jika parents abai dalam mengawasi hingga membersamai anak.

Karenanya perlu adanya pengawasan parents dalam kegiatan anak tersebut. Dan berikut tips penting membersamai anak bermain game online agar minim dampak negatifnya, di antaranya:

tips membersamai anak main game online


1. Tetapkan batasan waktu bermain game online

Di postingan saya sebelumnya tentang gadget dan anak, poin ini sudah saya bahas, bahkan sering banget saya bahas sih.

Bahwa menetapkan batasan waktu anak akan gadget itu penting. Selain meminimalisir dampak buruk matanya terpapar screen gadget kelamaan, serta menghindari anak kecanduan gadget, juga melatih anak untuk mengendalikan dirinya ketika fun time-nya selesai. 


2. Temani anak ketika bermain game online

Akan lebih baik, jika saat anak bermain game online, parents bisa hadir membersamai dan menemani mereka bermain. Selain bisa meningkatkan bonding dengan anak, juga bisa memantau anak agar tidak terpapar hal-hal yang tidak baik dan tidak sesuai usianya. 


3. Komunikasikan ke anak tentang dampak positif dan negatif bermain game online

Jangan lupa juga untuk selalu sounding mengkomunikasikan kepada anak tentang dampak positif dan negatif bermain game online di gadget.

Sehingga anak paham, ketika parents memilihkan game apa saja yang bisa mereka mainkan. Dan tahu alasannya, mengapa mereka tidak boleh memainkan game yang tidak sesuai usianya. 


4. Pilihkan game yang edukatif dan sesuai usianya

Dan yang kalah penting adalah selalu pilihkan game online yang edukatif dan sesuai dengan usianya. Di zaman sekarang, ada beragam game online yang kadang agak rawan untuk dimainkan anak-anak. Karenanya, pastikan parents bisa memilihkan game yang edukatif dan bermanfaat buat anak.

Salah satunya beberapa game online yang ada di website https://www.mortgagecalculator.org/money-games/


Rekomendasi Game Online Edukatif yang Ramah Anak 

Ada yang udah tahu tentang website mortgagecalculator.org/money-games?. Website ini fokus dalam pembahasan money and finance, tapi juga punya banyak permainan edukasi yang menyenangkan.

Jangankan anak-anak, saya juga sering banget bermain game online di website ini, sebut saja ada Idle Farming Business, Cashier Simulator dan lainnya.

Karena memang berfokus pada keuangan, jadinya mostly permainan yang ada adalah tentang uang dan angka, tapi dengan cara yang menyenangkan.

Anak-anak juga suka main game online di website ini, dan berikut rekomendasi game yang paling sering anak-anak mainkan, yaitu:

 

1. Idle Megamall Empire 

Game ini sih awalnya disukai maminya, ketika saya iseng mainin sebagai me time mom blogger, ternyata anak-anak lihat dan jadi ikutan suka.

game mortgage megamall

Seperti namanya, game ini merupakan permainan untuk membangun sebuah megamall, dengan cara menjalankan toko yang berada di lantai 2.

Setelah uang terkumpul, kita bisa membuka toko lantai atas yang tentunya akan menghasilkan uang lebih banyak. Kita juga bisa merekrut manajer toko, agar semua pekerja bisa bekerja secara otomatis, tanpa harus di-klik.

Kita juga bisa meng-upgrade masing-masing toko, agar menghasilkan lebih banyak uang. Dan karenanya, game ini melatih ketelitian kita, untuk mengatur bagian mana dulu yang bisa di-upgrade dengan ketersediaan uang.

Jika bisa mengatur dengan tepat, maka mall akan lebih cepat terbangun dengan lengkap. 

main game online idle megamall

Parents bisa mengakses permainan ini di sini : https://www.mortgagecalculator.org/money-games/idle-megamall-empire/


2. LEGO City Adventures Build and Protect

Awalnya sih game ini dipilih anak-anak, khususnya si Adik Dayyan, karena dia sangat menyukai Lego, dan ketika dimainkan, ternyata memang menyenangkan.

game mortgage lego

Game ini dimainkan dengan cara membangun kota, di mana untuk mengisi bangunan yang ada, anak-anak diminta untuk mencari bagian lego yang dibutuhkan. 

Adapun bagian lego tersebut, bisa didapatkan dengan cara 'menggali' di sebuah tempat dengan menebak di bagian mana legonya tersembunyi.

Untuk menggali, dibutuhkan biaya yang terkumpul dari bangunan yang menghasilkan uang. Sehingga anak-anak dituntut untuk bisa mengatur, bagaimana caranya agar bangunannya cepat menghasilkan uang, dan mereka harus menebak dengan benar lokasi legonya untuk bisa menambah bangunan lainnya.

Sehingga tercipta sebuah kota lego yang menarik.

Oh ya, dalam permainan, sering terjadi kebakaran, sehingga dibutuhkan ketelitian dan kesigapan untuk memadamkan api tersebut, sebelum bangunannya ludes dimakan api. Kadang juga ada kejadian perampokan dan lainnya.

main game online lego

Game
LEGO City Adventures Build and Protect ini membantu anak-anak berpikir kreatif, cepat dan tepat sehingga bisa membangun kota besar dalam waktu singkat.

Parents bisa mengakses permainan ini di sini : https://www.mortgagecalculator.org/money-games/lego-city-adventures-build-and-protect/


3. Calculate This

Ini game yang sangat bermanfaat untuk melatih daya ingat anak-anak. Bikin anak-anak belajar matematika baik panambahan, pengurangan, perkalian hingga pembagian dengan kreatif.

game online mortgage calculate this

Cara mainnya yaitu dengan memilih angka mana saja yang dipakai untuk entah ditambahkan, dikalikan, dibagi atau dikurangi, hingga mencapai jumlah yang tertera.

Misal, di layar tertera angka 81, maka kita bisa mengeklik 9x9. Atau jika di layar tertera angka 280, maka kita bisa mengeklik angka 9x9x3+9+9+9+9+1.

Tentunya kita harus berpikir lebih cepat karena dibatasi oleh waktu. 

game mortgage calculate this

Dengan game ini, anak-anak terbiasa berlatih matematika, dan juga kreatif mencari angka yang tepat untuk mencapai jumlah tersebut secara cepat.

Parents bisa mengakses permainan ini di sini : https://www.mortgagecalculator.org/money-games/calculate-this/


Kesimpulan dan Penutup

Game online sering dianggap negatif, padahal ada juga loh manfaat positif yang bisa didapatkan anak-anak, seperti meningkatkan keterampilan berpikir, kreativitas, dan kemampuan mengelola emosi.

Dalam era generasi Alpha yang tak bisa lepas dari teknologi, membiarkan anak bermain game online bisa menjadi cara yang baik untuk mengenalkan teknologi sekaligus melatih kemampuan mereka, asalkan dilakukan dengan pengawasan yang tepat. 

Parents berperan penting dalam memilihkan game yang edukatif, membatasi waktu bermain, serta mendampingi anak saat bermain.

Penting untuk selalu bijak dalam memanfaatkan teknologi, termasuk dalam hal bermain game online. Dengan memilih game yang tepat dan mengawasi penggunaannya, kita dapat mengubah aktivitas ini menjadi sarana belajar yang bermanfaat bagi anak. 

Jadi, mari menjadi parents yang cerdas dalam menghadapi perkembangan teknologi, sehingga anak-anak kita bisa tumbuh menjadi generasi yang tidak hanya melek teknologi, tetapi juga cerdas dan kreatif dengan bermain game online.


Surabaya, 01-10-2024

Sumber:

  • Pengalaman pribadi
  • https://www.mortgagecalculator.org/money-games/idle-megamall-empire/
  • https://www.mortgagecalculator.org/money-games/lego-city-adventures-build-and-protect/
  • https://www.mortgagecalculator.org/money-games/calculate-this/
  • https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/mengenal-anak-generasi-alfa/ diakses 01-10-2024
  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-manfaat-bermain-video-game-untuk-perkembangan-anak diakses 01-10-2024
  • https://www.nannycare.id/article/tantangan-mengasuh-anak-di-era-digital/ diakses 01-10-2024

Gambar: Canva edit by Rey & Dokpri

2 comments for "Tak Selalu Negatif, Ini 7 Manfaat Positif Anak Bermain Game Online "

  1. Anakku juga suka main game, tapi kayak game-game sederhana di website gini.
    Lebih aman buat anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, saya Masih agak parno kasih mereka main game kayak ML dll itu, takut disusupin hal-hal di luar usia mereka

      Delete