Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Game Online yang Kids Friendly, Parents Harus Tau!

Konten [Tampil]

rekomendasi game online kids friendly

Rekomendasi game online yang kids friendly itu sangat penting untuk diketahui oleh parents. Karena tidak semua game yang beredar saat ini, aman untuk dimainkan anak-anak.

Punya anak generasi Alpha memang sulit untuk dipisahkan dari teknologi salah satunya game online. Mau nggak mau, parents harus bisa menerima anak-anak menyukai hal tersebut, karena itu menyenangkan buat anak-anak, dan tak selamanya berdampak negatif.

Ada banyak manfaat positif anak bermain game online, mulai dari mengenalkan teknologi ke anak, juga bisa melatih otak anak dengan berbagai games yang edukatif. 

 

Fakta Banyak Game Online yang Tidak Kids Friendly

Namun yang harus parents perhatikan adalah, fakta bahwa tidak semua games yang ada bahkan dengan gambar yang lucu-lucu, itu ramah anak atau kids friendly.

Kita sering melihat konten-konten parenting di media sosial yang menghimbau agar parents lebih teliti dalam memeriksa games yang dimainkan anak.  

Karena sering kita temukan anak-anak bermain game yang lucu, gambarnya kartun, tapi ternyata aktifitas games-nya untuk orang dewasa.

game online tidak kids friendly

Bukan hanya kegiatan vulgar yang hanya boleh diliat oleh orang dewasa, tapi juga beberapa memberikan kegiatan game yang penuh dengan kekerasan, narkoba hingga alkohol. Bahkan beberapa di antaranya rentan disusupin oleh para pedofil

Mirisnya, beberapa game ini kadang sekilas terlihat biasa saja, dan cocok buat anak karena gambar atau karakternya lucu, dari kartun yang imut-imut atau semacamnya. Ada juga yang bertema petualangan, yang ternyata ketika dimainkan, ternyata itu petualangan yang penuh dengan adegan kekerasan dan sadis.

Membayangkan anak-anak terpapar dengan tontonan game online seperti itu dengan intensitas sering, rasanya kok sangat mengkhawatirkan ya.

Karenanya, wajib bagi parents untuk lebih concern dalam memilih game online yang kids friendly untuk dimainkan oleh anak. 

 

Tips Memilih Game Online yang Kids Friendly

Agar anak-anak bisa bermain dengan aman dan menyenangkan, penting buat parents memahami beberapa tips untuk memilih game online yang kids friendly, di antaranya:

tips memilih game online kids friendly


1. Pastikan menerapkan batasan screen time anak

Ini penting ya, agar anak belajar bahwa ada batasan tertentu dalam mengakses gadget, selain untuk menekan dampak kecanduan bagi anak, pun juga untuk menghindarkan efek negatif mata anak yang terpapar monitor gadget dalam waktu yang lama.


2. Pilih game yang sesuai dengan usia anak

Pastikan untuk memilih game online yang sesuai dengan usia anak, bisa dilihat dari keterangan usia dari games tersebut, yang biasanya akan menyesuaikan adegannya dengan usia anak. 


3. Pilih game yang edukatif dan menyenangkan

Agar anak bisa lebih happy ketika bermain game online, sebaiknya pilih game yang edukatif sehingga anak-anak bisa belajar banyak hal dari kegiatan bermain game-nya.

Pastikan juga game tersebut dikemas dalam bentuk yang menyenangkan, tidak terlampau sulit agar anak jadi happy, bukan malah tantrum karena sulit menangnya, hahaha.

 

4. Parents mainkan dahulu game online tersebut

Kalau saya pribadi nih, biar lebih tenang dan yakin membiarkan anak-anak bermain game online, akan lebih baik jika game tersebut dicobain dulu sendiri.

Jadi saya mainkan dulu, sehingga saya tahu kalau isi game tersebut memang aman untuk anak-anak, tidak ada adegan-adegan vulgar hingga kekerasan. Demikian juga game-nya tidak terlampau sulit sehingga bukannya refreshing, malah jadi tantrum, hehehe. 


5. Bermain game online bersama anak  

Akan lebih baik juga, jika parents bisa mendampingi anak ketika bermain game online. Selain bisa menjadi momen bonding dengan anak, pun juga bisa sekalian mengecek apakah game tersebut benar-benar kids friendly.  

Anak-anak juga akan sangat senang, jika parents ikut bermain dengan mereka. 


6. Pilih game yang dimainkan di PC

Tips lainnya adalah, akan lebih baik jika memilihkan game online yang diakses melalui PC komputer atau laptop. 

Karena layarnya lebar, jadi parents lebih mudah mengawasi permainan anak-anak, pun juga lebih baik untuk mata anak dibanding harus fokus ke layar smartphone yang lebih kecil.

Bermain game di PC juga menghindarkan anak asal klik apapun di game tersebut yang mungkin rentan disusupi malware sehingga bisa membahayakan data diri di smartphone tersebut. 

Akan lebih baik juga, jika kita memilihkan game online yang tidak interaktif atau dimainkan dengan lawan secara online.  

Salah satu game online yang paling sering dimainkan oleh anak-anak saya adalah, game yang ada di website http://culinaryschools.org/kids-games/

 

Rekomendasi Game Online yang Kids Friendly

Di website http://culinaryschools.org/kids-games/, terdapat banyak banget game online yang sangat ramah anak. Game-nya pun beragam, mulai dari edukasi games, hingga brain games.

Game ini bisa diakses dari PC atau laptop, dan hampir semuanya mudah dimainkan oleh anak-anak.

Beberapa game online kids friendly yang sering dimainkan anak-anak di website ini adalah:


1. Idle Hotel Empire

Anak-anak tuh paling suka game membangun sesuatu, baik bangun mall, hingga membangun dan menjalankan hotel.

culinaryschools - idle hotel empire

Jadi Idle Hotel Empire yang ada di culinaryschools.org ini merupakan salah satu game online kesukaan mereka.

Cara memainkannya cukup mudah, tapi juga butuh strategi yang melatih daya pikir kreatifitas anak.

Dimulai dengan membangun hotel di lantai bawah, lalu petugasnya akan mengumpulkan uang dengan cara diberikan ke petugas lift, dan petugas lift akan mengantarkannya ke petugas di lantai dasar untuk mengumpulkan uang tersebut.

Awalnya petugas tersebut tidak bisa bergerak sendiri, jadi kita harus menge-klik untuk membuatnya bergerak mengerjakan tugasnya. Namun setelah uang terkumpul, kita bisa meng-hire seorang manajer yang bertugas mengawasi petugasnya agar bisa bekerja tanpa di-klik.

Kita juga bisa meng-upragde setiap bagian hotelnya, sehingga penghasilan semakin meningkat dalam waktu yang semakin cepat.

game culinaryschools - idle hotel empire

Dan yang menyenangkan adalah, kita bisa membangun lebih banyak bagian hotel dengan membeli lantai demi lantai yang ada di permainan tersebut.

Parents bisa mengakses permainan Idle Hypermart Empire di https://www.culinaryschools.org/kids-games/idle-hotel-empire/


2. SpongeBob SquarePants Krabby Patty Crisis

Game ini disukai anak-anak karena karakternya adalah kartun yang fenomenal buat mereka. Permainannya juga menyenangkan dan melatih kecepatan berpikir menciptakan strategi untuk memenangkan permainan.

culinaryschools - spongebob squarepants

Cara permainannya asyik, sekaligus menantang dan menyenangkan buat anak-anak. Yaitu dengan cara menggerakan sponge bob untuk menembakkan burger ke beberapa pelanggan.

Setiap pelanggan yang mendapatkan burger menghasilkan poin, dan pemain harus berhati-hati ketika menembakan burger, agar tidak mengenai Mr. Krabs yang mondar mandir di depan pelanggan.

game culinaryschools - spongebob

Selain menyenangkan permainan ini juga lucu, sehingga anak-anak selalu tertawa bahagia melihat sikap Mr. Krabs yang suka mondar mandir sehingga tak jarang terkena burger yang dilemparkan. 

Permainan SpongeBob SquarePants Krabby Patty Crisis ini bisa diakses di https://www.culinaryschools.org/kids-games/spongebob-squarepants-krabby-patty-crisis/


3. Tap Supermarket

Salah satu game yang disukai anak-anak di website culinaryschools.org adalah Tap Supermarket. Seperti namanya, game ini dimainkan dengan berbekalkan tap atau klik apa saja yang dibutuhkan di layar game.

culinaryschools - tap supermarket

Permainan ini dimaksudkan untuk membangun supermarket, mulai dari membuka jualan separuh toko, lalu mengumpulkan uang dari penjualan untuk bisa membuka semua item penjualan lain di toko.

Yang perlu kita lakukan adalah, mengeklik petugasnya untuk melayani pembeli di kasir, mengeklik tempat display barang yang kosong, lalu petugasnya akan mengisinya dengan barang dari gudang.

Jangan lupa untuk mengeklik stock bareng di gudang, jika sudah kosong, agar segera terisi kembali. Dan pastikan untuk melayani pembeli di kasir dengan cepat, jangan bikin mereka menunggu.

game culinaryschools - tap supermarket

Demikian juga stock barang di display produk harus selalu terisi agar pembeli merasa puas dan menarik konsumen lainnya, datang dan berbelanja di supermarket tersebut. 

Permainan Tap Supermarket ini bisa diakses di https://www.culinaryschools.org/kids-games/tap-supermarket/


Selain ke-3 game yang ada di website culinaryschools.org di atas, masih banyak games lainnya yang sering anak-anak mainkan. Bahkan saya pun sesekali menggunakan me time mom blogger dengan bermain watermelon game di https://www.culinaryschools.org/kids-games/watermelon-game/.

culinaryschools - watermelon game

By the way
, game watermelon ini populer di culinaryschools.org loh, banyak orang yang memainkannya. Saya sendiri lebih suka main ini karena simple, menyenangkan, dan melatih otak berpikir cepat. 

Parents wajib cobain deh!.     


Kesimpulan dan Penutup

Memilih game online yang kids friendly adalah hal penting bagi para parents di era digital ini. Meski banyak game yang menawarkan manfaat positif, seperti melatih otak dan memperkenalkan teknologi kepada anak, tetap ada risiko dari games yang tidak kids friendly

Oleh karena itu, orang tua harus selalu selektif dalam memilih game yang aman, edukatif, dan sesuai dengan usia anak.

Dengan mengikuti tips memilih game yang kids friendly, seperti membatasi waktu layar, memilih game edukatif, serta mendampingi anak saat bermain, parents juga bisa memastikan anak-anak bermain dengan aman dan menyenangkan. 

Beberapa rekomendasi game dari website culinaryschools.org dapat menjadi pilihan yang tepat karena mudah dimainkan, seru, dan edukatif.

Pada akhirnya, peran aktif parents sangat dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan digital yang sehat dan aman bagi anak-anak. Jadi, jangan ragu untuk mengeksplorasi game online yang kids friendly bersama anak-anak dan pastikan mereka mendapatkan pengalaman bermain yang positif dan menyenangkan.


Surabaya, 04-10-2024

Sumber:

  • Pengalaman pribadi
  • https://www.culinaryschools.org/kids-games/idle-hotel-empire/

  • https://soa-edu.com/cara-memilih-games-apps-dan-konten-digital-yang-baik-bagi-anak/ diakses 04-10-2024
  • https://www.medcom.id/teknologi/tips-trik/yNLGEmyK-memilih-game-yang-tepat-untuk-anak-begini-caranya  diakses 04-10-2024
  • https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/alfon/penting-bahaya-game-sakura-simulator-yang-tidak-ramah-anak diakses 04-10-2024
  • https://eraspace.com/artikel/post/7-game-berbahaya-bagi-anak-orang-tua-wajib-simak  diakses 04-10-2024
Gambar: Canva edit by Rey & dokpri

Post a Comment for "Rekomendasi Game Online yang Kids Friendly, Parents Harus Tau!"